BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Kamis, 16 Januari 2020

    Tersangkut di Karang, Pemancing yang Tenggelam Belum Bisa Dievakuasi

    FOTOBPBDKEBUMEN
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Upaya pencarian tim SAR gabungan menemukan pemancing yang digulung ombak Pantai Kecamatan Ayah, menemui hasi. Korban, Supriyadi (30), alias Dariman berhasil ditemukan Kamis (16/1/2020) atau selang sehari setelah yang bersangkutan dilaporkan tenggelam.

    "Jenasah korban ditemukan sekitar pukul Kamis pukul 15.15 WIB dengan kondisi tersangkut di karang," kata Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap Mulwahyono melalui Kordinator Tim SAR Gabungan dan Basarnas Cilacap, Syaeful Anwar.

    Meski demikian, lokasi penemuan tubuh sangat sulit dijangkau. Kedalaman tebing mencapai sekitar 150 meter. Belum lagi, rute ke lokasi ada banyak karang. Hingga berita ini diturunkan, Petugas SAR belum bisa mengevakuasi korban.


    "Sampai pada pukul 18.30 WIB  korban belum bisa di evakuasi karena sulitnya akses untuk di jangkau. Akses turun harus menggunakan tali pengaman. Rencana besok pagi (Jumat (17/1) akan kita lanjutkan evakuasi dengan menambah satu rescuer (penolong), " imbuh  Syaeful Anwar

    Rencananya tim akan turun kebawah dengan cara lowring untuk mendampingi pengangkatan jenazah ke atas. "Tujuannya adalah membuka jalan pada saat penarikan ke atas," ungka Syaeful.

    Apapun, penemuan korban cukup melegakan bagi Tim SAR gabungan. Mengingat, mereka telah bekerja keras melakukan pencarian.

    Tim SAR gabungan yang dibagi dua SRU (Search and Rescue Unit) itu masing-masing melakukan penyisiran melalui jalur darat dan laut.  Pencarian juga dilakukan dengan menyisir pantai menggunakan dua perahu jukung di sekitaran lokasi kejadian. Itu belum termasuk pencarian melalui jalur darat.

    Hingga siang hari, korban belum juga ditemukan. Bahkan, Tim SAR Gabungan bersama Basarnas Cilacap memutuskan melakukan pencarian dengan menuruni tebing karang terjal dengan ketinggian ratusan meter. Dengan perlengkapan minim pengamanan karena hanya menggunakan tali karmantel Tim nekat menuruni karang terjal dan masuk kedalam Goa Lawa.

    Seperti diberitakan, Supriyadi (30), warga Desa Banjarharjo Kecamatan Ayah yang dilaporkan terseret ombak, Rabu (15/1. Peristiwa tersebut terjadi   di Goa Lawa Pantai Pasir sekitar pukul 14.45 WIB. Berawal saat korban tengah memancing di batu karang. Saat itu, korban bersama dua rekannya.
    Tiba-tiba ada ombak besar. Satu teman korban berhasil menyelamatkan diri sementara korban telanjur digulung ombak. Pencarian kemudian dilakukan melibatkan Basarnas Kantor SAR Cilacap,  BPBD Kabupaten Kebumen, Koramil Ayah, Satpolair Polres Kebumen, SAR Tunas Kelapa, RAPI Kebumen, SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, SAR MTA, dan Gertaks Kebumen serta Basarnas Kantor PP Cilacap dan kesatuan lain.(fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top