BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Kamis, 16 Mei 2019

    Warga Miskin di Kebumen Bakal Dapat Bantuan Ayam

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Beragam cara dilakukan oleh pemerintah untuk menangulangi kemiskinan. Ini salah satunya dengan bantuan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementerian Pertanian. Di Kebumen nantinya ribuan Rumah Tangga Miskin (RTM) bakal menerima bantuan ayam.

    Jumlah ayam yang akan dibagikan mencapai 468.450 ekor ayam. Ini untuk 9.369 RTM yang tersebar di lima kecamatan. RTM yang tersebar di 51 desa di Kecamatan Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno, dan Kutowinangun akan kebagian program tersebut.

    Sosialisasi program “Bekerja “ sendiri dilakukan oleh Balai Besar Veteriner Wates. Ini dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Rabu (15/5). Acara tersebut dihadir oleh Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. Turut hadir pula Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen Tri Haryono dan Camat calon penerima bantuan.

    Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati, Arif Sugiyanto, menyampaikan, program “Bekerja” adalah program untuk mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

    Program ini utamanya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilaksankan dengan memberikan bantuan ternak ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) kepada RTM. Wabup berharap, adanya program tersebut akan membuat masyarakat miskin di Kabupaten Kebumen semakin berkurang.

    "Program ini sebagai upaya untuk mendukung program padat karya tunai di desa cash for work. Penanganan stunting dan pengentasan daerah rentan rawan pangan," tuturnya, Rabu (15/5/2019).

    Sementara itu Kepala Balai Besar Veteriner Wates Bagus Poermadjaja menjelaskan, Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Wates akan memberikan bantuan sebanyak 468.450 ekor ayam. Bantuan ini diperuntukan bagi 9.369  RTM yang tersebar di 51 desa di 5 kecamatan.

    Masing-masing akan mendapatkan 50 ekor, 1.405.350 kilogram pakan, 9.369 paket obat dan 9.369 kandang. "Kuota ini sesuai dengan database dari Kementerian Sosial RI. Jika data tersebut sudah valid, sejumlah bantuan langsung kami berikan," jelasnya.

    Pihaknya menambahkan khusus untuk bantuan kandang, masing-masing RTM akan mendapatkan Rp 500 ribu. Ini harus digunakan untuk pembuatan kandang. Dana tersebut nantinya akan didistribusikan melalui Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan. “Nantinya, untuk mengetahui perkembangan usaha ternak akan dilakukan pemantauan secara periodik pada RTM penerima bantuan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top