HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Kamis, 27 September 2018

    Peringati 10 Muharram, SMP TD Santuni Anak Yatim

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-SMP Taman Dewasa (TD) Kebumen, melaksanakan santuan anak yatim dalam rangka memperingati 10 Muharram 1440. Kegiatan itu dilaksanakan dengan mengusung tema “Muharam Sebagai Momentum Memperbaiki Diri dan Hijrahkan Hari dengan Menjadi Sahabat Yatim".

    Kegiatan yang dilaksanakan di SMP Taman Dewasa, beberapa waktu lalu itu,  diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih. Kegiatan juga dimaksudkan agar Siswa SMP Taman Dewasa dapat saling mencintai antar sesama mahluk ciptaan tuhan.

    Santunan diberikan kepada anak yatim piatu, yatim dan piatu sebayak 33 yang merupakan siswa SMP Taman Dewasa Kebumen. Mereka mendapatkan uang, bingkisan sembako dan paket alat tulis.

    Kepala SMP Taman Dewasa Kebumen Drs Rusdi Winoto MPd menyampaikan makna makna di Bulan Muharram. Salah satunya yakni waktu yang tepat untuk memperbaiki diri. Baik melalui tingkah laku, tutur kata dan kegiatan di lingkungan sekolah dan masyarakat. “Kita awali sebuah tahun dengan kegiatan yang biak. Diharapkan tahun ini akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

    Acara santunan, dilanjutkan dengan tauziah guru baca tulis qur’an (BTQ) SMP Taman Dewasa Kebumen Khafid Mansur. Pihaknya menyampaikan terdapat enam macam yang harus dilakukan untuk berhasil dalam menuntut ilmu. Itu dimulai dari kecerdasan yang berarti tanggap dalam keadaan. Selain itu yakni semangat.   Dengan semangat keberhasilan akan didapat. “Yang lain yakni yakni Sabar, ada biaya, ada guru dan waktu,” jelasnya.

    Pihaknya juga menegaskan dalam sebuah hadist disampaikan sesungguhnya Allah memiliki beberapa hari, waktu, dan bulan yang istimewa. Apabila menginginkan sesuatu agar tercapai harus mencari hari baik tersebut. Hari yang baik yakni Jumat. Di Hari Jumat terdapat waktu khusus (nafakoh) yang mustajab yakni antara Magrib sampai Isya.

    Setelah yakni waktu Subuh sampe keluar Matahari.  Waktu dhuha, ketika zigot, setelah Ashar, dan tengah malam. “Tanggal 10 Muharam begitu spesial karena begitu banyak pengampunan di hari tersebut. Oleh sebab itu kita disunahkan melakukan puasa di hari itu dan satu hari sebelum atau satu hari setelahnya. Perbanyak istighfar dan sodaqoh serta menyantuni anak yatim,” ucapnya.  (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top