Honda Vario Duo 20-21 Feb 2019

  • Berita Terkini

    Rabu, 08 Agustus 2018

    Jadi Juara Nasional, Dua Kelompok Tani Kebumen Diundang ke Istana

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Dua perwakilan Provinsi Jawa Tengah asal Kabupaten Kebumen berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Desa Wanalestari Tingkat Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Keduanya mendapatkan undangan untuk dapat ramah tamah dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

    Kedua Juara 1 Nasional asal Kebumen tersebut yakni Kelompok Tani Hutan Klanceng Barokah Desa Kalipoh Kecamatan Ayah dan Yuridulloh, petani kopi asal Desa Kucangan, Kecamatan Ambal.

    Dalam lomba Wana Lestari bebepa waktu lalu Kelompok Tani Hutan Klanceng Barokah Desa Kalipoh yang mewakili Provinsi Jawa Tengah berhasil menggondol juara 1  pada cabang Kelompok Tani Hutan. Sedangkan Yuri Dulloh secara perseorangan juga berhasil mendapat juara 1 Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat.

    Kegiatan ramah tamah dengan Presiden Joko Widodo rencananya akan dilaksanakan pada 18 Agustus mendatang sekitar pukul 16.00-17.00 WIB. Ramah tamah dengan Presiden Jokowi masuk dalam rangkain kegiatan Temu Karya yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM. Rangkaian Temu Karya sendiri dilaksanakan mulai 15 hingga 19 Agustus mendatang. “Kami sama sekali tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan sehebat ini,” tutur Ketua Kelompok Tani Hutan Klanceng Barokah Kalipoh Muhammad Fatikhul Umam (28), Selasa (7/8).

    Dijelaskanya, kini Kelompok Tani Klanceng Barokah kini telah beranggotakan 100 petani lebah. Kelompok terbentuk sejak tahun 2015 silam. Adapun jumlah koloni lebah klanceng yang dimiliki kelompok tani telah mencapai 13.000 stup, yang tersebar di desa setempat. Aset yang dimiliki kelompok tani mencapai Rp 1,3 miliar.

    Adanya penghargaan diharapkan akan menjadi motivasi tersendiri bagi para anggota kelompok. Umam berharap penghargaan dapat menjadi pemicu dan batu loncatan untuk dapat meningkatkan dan meraih prestasi-prestasi lainnya. "Semoga kedepan kami menjadi lebih baik lagi dan lebih bisa memberi manfaat. Kami ucapkan terima kasih atas suport pemerintah dan doa masyarakat Kebumen," terangnya


    Sebelumnya telah diberitakan Kelompok Tani Hutan Klanceng Barokah Desa Kalipoh Kecamatan Ayah mewakili Jawa Tengah pada lomba Desa Wanalestari yang dihelat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penilaian oleh tim juri dilaksanakan di Kalipoh pada 12 Juli 2018 lalu.  Penilaian dilaksanakan dengan kriteria pengelolaan usaha, kelembagaan dan kawasan. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top