HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Kamis, 02 Agustus 2018

    HUT Sekolah, Guru dan Siswa SMPN 3 Ziarah Makam Leluhur

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebagai darma bhakti dan penghargaan kepada para leluhur, siswa SMP Negeri 3  (Spenaga) Kebumen melaksanakan ziarah ke makam para Kepala Sekolah. Kegiatan ziarah merupakan bagian rangkaian dari Peringatan HUT ke 55 yang dilaksanakan mulai 16 Juli hingga 1 Agustus 2018.

    Beberapa rangkaian kegiatan HUT 55 Spenaga meliputi Lomba-lomba, Persami, Apel HUT, Potong Tumpeng dan Pentas Seni. Selain itu terdapat pula acara Temu Alumni, Ziarah Kubur dan Anjang saja. Kegiatan jalan sehat juga turun mewarnai peringatan HUT ke 55.

    Pada acara pertemuan alumni dilaksanakan gagasan untuk membuat yayasan. Pertemuan alumni dipimpin oleh Anggota DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro. Pasalnya Darori sendiri merupakan alumni Spenaga dan kini pihaknya menjabat sebagai Ketua Alumni Spenaga.

    Saat pertemuan alumni, Darori menyampaikan alumni-alumni Spenaga telah banyak yang menjadi orang besar, mulai dari Kepala Dinas, Anggota DPR hingga Rektor. Salah satunya yakni Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng yang menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Panut Mulyono sendiri merupakan warga Sinungrejo Ambal dan alumni Spenaga tahun 1976. “Kegiatan kali ini dihadiri oleh perwakilan alumni dari angkatan tahun 1963 hingga 2018,” tuturnya.

    Kepala SMP Negeri 3 Kebumen Martiyono SPd MPd menyampaikan banyak makna dalam Peringatan HUT, mulai dari mempertemukan alumni, mencari gagasan dan pengembangan minat bakat siswa.


    Seperti diketahui bersama, prestasi akademik memang sangat penting, kendati demikian  kompetensi diluar akademik juga tak kalah bermanfaat.  Banyak orang yang sukses dalam kehidupan bukan dari prestasi akademik melainkan justri dari keterampilan yang dimilikinya. “Untuk itu, pengembangan minat bakat siswa menjadi hal yang sangat baik. Dalam ajang HUT,  dilakukan pentas seni dan kegiatan lainnya untuk memfasilitasi para siswa,” jelasnya.

    Salah satu gagasan terbesar yakni menjadi SMP Negeri 3 Kebumen, lanjut Matiyono, yakni menjadikan  sekolah berkarakter dan berprestasi berbasis budaya bangsa dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Untuk itu beberapa pawai budaya dan ziarah dilaksanakan pada peringatan HUT 55.

    Selain bentuk darma bhakti, ziarah juga mempunyai nilai filosofis yang sangat penting. “Kesuksesan yang didapat  generasi saat ini, tidak lepas dari perjuangan dan peran para pendahulu. Bahkan Presiden Soekarno pernah menyampaikan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya” ,” paparnya.

    Beberapa prestasi yang telah dicapai Spenaga diantaranya Juara 1 Kepala Sekolah berprestasi Provinsi Jawa Tengah. Peringkat II UN Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 dan OSN baru tingkat Kabupaten.  Juara III Olimpiade olahraga siswa nasional cabang bola volly tahun 2017 dan lain sebagainya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top