HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Kamis, 28 Juni 2018

    Warga Samin Blora Pilih Ganjar Pranowo

    SUBEKAN/RADAR KUDUS
    BLORA - Sedulur sikep Kelopo Duwur tidak mau ketinggalan dalam pesta demokrasi kemarin. Mereka ikut berpastisipasi dan memilih pemimpin Gubernur dan wakil gubernur selama lima tahun kedepan.

    Sesepuh Sedulur Sikep Samin Klopoduwur Lasio misalnya. datang ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama sang istri dengan pakaian khas Samin dengan naik sepeda motor. Yaitu baju hitam dan celana hitam lengkap dengan ikat kepala.

    Semenatra sang istri memakai baju samin wanita dengan kebaya hitam yang dipadu batik coklat. Keduanya pergi dari rumah tanpa mengenakan alas kaki layaknya masyarakat biasa.

    Sesampainya di TPS 2 Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora, Lasio disambut petugas KPPS yang juga mengunakan pakaian Samin. Sehingga nampak tradisi samin yang kental. Hampir semua petugas mengenakna pakaian adat samin. Kecuali petugas keamanan.

    Lasio mengaku, memlih orang yang sudah dikenal dna faham. Dari dua pasangan calon ya nomor urut satu. Yaitu ganjar Pranowo. “Sederek milih iku kerono sampon tepang calone, nek dereng tepang ngih mboten milih (kita milih itu karena memang sudah tahu orangnya, kalau tidak tahu ya tidak dipilih),” terangnya kemarin (27/6/2018).

    Pihanya mengaku, sebelum Pilgub juga banyak mendapatkan pertanyaan dari masyarakat samin. Mulai dari Ngawen atau Banjarejo sendiri. Pertanyaan mereka selalu sama. Yaitu harus memilih siapa. “Geh kulo jawab, milih iku kerono sampon tepang calone, nek dereng tepang ngih mboten milih,” jelasnya.

    Dalam pilgub ini, Lasio tidak mengharapkan apapun dari gubernur yang akan terpemilih nantinya. Karena mereka hanya menjalankan kuwajibannya sebagai warga negara untuk menyalurkan hak pilih.

    Bahkan dia juga tidak pernah memberikan syarat atau sesuatu yang memberatkan salah satu calon agar warga samin memilih. Karena bagi Lasio, semua manusia itu adalah bersaudara. “Seng penting niku dungo dinguo mawon, selamet sedoyo (Yang penting itu saling mendoakan, selamat semua),” imbuhnya.

    Untuk melakukan pemilihan ini, Lasio dan warga Samin lain baru bisa memberikan hak pilihnya setelah melakukan aktifitas diladang. Selain itu selesai mengembala sapi. Seperti Lasio sekitar pukul 10.30 baru selesai mengembala dan bergegas berangkat ke TPS. Tapi untuk warga Samin lain ada juga yang sudah mulai menyalurkan hak pilihnya sejak pagi. (sub)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top