HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Sabtu, 16 Juni 2018

    Ajak Masyarakat Peduli Karya Foto Lewat Pameran

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Di Era generasi milenial ini, dunia dunia fotografi kian populer. Bukan sebatas pengabadian momen, fotografi juga kini berkembang menjadi sebuah seni yang menarik. Perkembangan ini turut mendorong munculnya beragam komunitas fotografi di Kebumen.

    Bahkan, komunitas fotografi Kebumen tak bisa dipungkiri telah ikut andil besar dalam mempopulerkan Kebumen khususnya pada sektor wisata dengan foto yang diunggah melalui dunia maya dan sosial media seperi Instagram, Facebook dan lainnya.

    Seperti halnya wisata, Pantai Watu Bale, Surumanis, Menganti, dan Pentulu Indah di Karangsambung yang awal mula dikenal karena kegiatan hunting foto dari komunitas fotografi di Kebumen. Kendati demikian, kesadaran masyarakat menghargai seni fotografi di Kebumen masih sangat rendah.

    Untuk itulah, komunitas foto di Kebumen menggelar pameran di halaman Perpustakaan daerah (Perpusda) Kebumen, pertengahan Juni 2018 lalu.

    "Untuk Kebumen masih dalam kategori rendah untuk penghargaan dalam karya Fotografi, dengan pameran ini kita harapkan bisa menggugah kesadaran penghargaan karya foto di kebumen," kata Penangung Jawab Pameran Foto Adib Muchtar, ditemui Ekspres disela sela - acara Senin (11/6/2018).

    Menurutnya, pameran diikuti sejumlah komunitas fotografi seperti Kebumen Keren, Visit Kebumen, Explore Kebumen, Kebumen Vidgram. "Ini pameran foto pertama," kata Adib.

    Adib menyebut kegiatan tersebut dinaubatkan sebagai bentuk menggelorakan seni fotografi agar semakin dikenal di masyarakat. "Ini sebagi ajang silaturahmi antar komunitas foto dan fotografer, juga untuk lebih mengenalkan bahwa seni fotografi itu banyak macam dan aliranya seperti fotografi jurnalistik, Lanscape, Potrait, Modeling, Macro dan human isnters atau street photografi," kata Adib diamini Ketua Panitia Feri Suminar.

    Adib Muchtar menambahkan, selain penghargaan karya foto antusiasme masyarakat Kebumen masih rendah untuk pameran foto. Meskipun potensi spot foto di Kebumen luar biasa banyak. Berbeda dengan perbandingan daerah lain seperti Ajibarang dan Yogjayarta serta kota lainnya yang bisa mengadakan pameran satu bulan sekali. 

    "Selama ini pemerintah telah mensupport tetapi kami mengharapkan ada suport yang lebih, khusnya masyarakat secara luas," ungkapnya

    Rangkaian acara yang digelar selama dua hari sejak sabtu 9 hingga 10 Juni 2018 tersebut juga digelar buka bersama hunting bareng dan pembagian sembako kepada warga miskin yang dilaksanakan keliling oleh komunitas Fotografi Visit Kebumen.

    Ada sebanyak 60 paket sembako yang dibagikan kepada kaum duafa. "Kita bagikan paket sembako secara On The Road kepada masyarakat yang kurang mampu," kata Imam Fauzi yang juga Fotografer Humas Pemda Kebumen didampingi Ginanjar Subekti Fotografer Humas Polres Kebumen dan Anjar Septadi Humas Satlantas Polres Kebumen (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top