• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Rabu, 16 Mei 2018

    Kota Tegal Turut Berduka Atas Wafatnya Entus Susmono

    HUMAS PEMKOT FOR RADAR TEGAL
    TEGAL- Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menyampaikan turut berduka cita atas kepergian Bupati Tegal nonaktif Enthus Susnomo yang tutup usia pada umur 52 tahun, Senin (14/5) lalu. Ucapan duka cita disampaikan Pjs Wali Kota Tegal Achmad Rofai usai menghadiri prosesi penghormatan terakhir untuk dalang kondang tersebut di Pendapa Amangkurat, Selasa (15/5/2018).

    “Atas nama Pemerintah Kota Tegal, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada almarhum Bapak Enthus Susmono, Bupati Tegal nonaktif,” kata Rofai. Pjs Wali Kota berdoa agar almarhum diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT dan dalam kondisi khusnul khotimah, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

    “Untuk istri dan anak-anak yang ditinggalkan, supaya bisa melanjutkan perjuangan dari almarhum yang mungkin belum selesai,” ujar Pjs Wali Kota. Berpulangnya Enthus juga menjadi duka tersendiri bagi budayawan Yono Daryono. Enthus merupakan salah satu seniman yang membantu proses kreatif Teater RSPD yang dibesarkan Yono.

    Menurut Yono, Enthus tidak hanya membantu sebagai pemusik di Teater RSPD. Dia juga terlibat dalam pengadegan dan bahkan menangani bidang artistik. Sedangkan dalam dunia pewayangan, Yono melihat Enthus memiliki ide-ide gila yang keluar dari pakem, sehingga saat itu muncul gaya Susmonoan yang atraktif, kocak, dan inovatif.

    “Enthus merupakan sosok kreatif dan memiliki kepekaan. Kendati tidak banyak membaca buku, daya intelektualnya cukup mumpuni karena telinganya mampu merekam dengan baik apa yang pernah didengar,” ungkap Yono. Atas permintaan keluarga, jenazah Enthus dikebumikan di halaman rumahnya sendiri, di Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

    Beberapa jam kemudian, Kota Slawi sempat diguyur hujan yang seolah ikut menangisi kepergiannya. (nam/ela)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top