• Berita Terkini

    Kamis, 17 Mei 2018

    Hari Ini, KA Bandara Solo Ekspres Rute Solo-Kutoarjo Dioperasikan


    DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO
    SOLO - Setelah tertunda peresmiannya pekan lalu, hari ini PT KAI menjadwalkan kereta api bandara Solo Ekspres diluncurkan. Peresmian kereta jenis kereta rel diesel listrik (KRDE) ini akan dihadiri langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Nantinya moda transportasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif angkutan bagi masyarakat dari Solo ke Kutoarjo dan sebaliknya.

    Manager Humas Daop VI PT KAI Eko Budiyanto mengatakan bahwa dengan adanya kereta ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk melancarkan mobilitas masyarakat Solo, Jogjakarta, Kutoarjo dan sekitarnya. Untuk pengoperasiannya dimulai pada Kamis ini (17/5/2018). Rencananya kereta akan berangkat pada pukul 08.40. Nantinya kereta ini akan melayani pulang pergi Solo-Kutoarjo.

    “Jadwal keberangkatan dan harganya sudah kami tentukan. Nantinya untuk tiga hari pertama akan dioperasikan secara gratis bagi 200 penumpang,” ujarnya, kemarin (16/5).
    Untuk harga tiket telah ditentukan. Tujuan Solo-Jogja akan dikenai harga Rp 30 ribu. Sedangkan Solo-Kutoarjo harganya Rp 40 ribu. Hal ini berlaku sebaliknya. Sedangkan Jogja-Kutoarjo dibanderol Rp 30 ribu. Nantinya harga tiket ini akan diberlakukan mulai Senin (21/5).

    Sistem penggratisan tiket kereta akan dilakukan hanya untuk 200 penumpang saja. Meskipun nantinya kereta ini dapat mengangkut sebanyak 393 penumpang. Untuk fasilitasnya kereta ini dilengkapi dengan pendingin udara, TV, stop kontak, dan toilet. KA ini juga mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

    “Sebab kereta ini memang nantinya bakal jadi kereta bandara. Sehingga fasilitasnya memang dilengkapi. Secara harga juga berbeda dengan prameks karena Prameks disubsidi pemerintah,” ujarnya.

    Diperkirakan kereta ini akan menempuh jarak kurang lebih dua jam perjalanan. Nantinya diharapkan kereta ini dapat memecah kepadatan yang saat ini ada di Prameks. Selama ini setiap harinya Prameks dengan 21 trip bisa mengangkut hingga 16 ribu penumpang. Namun, masih banyak yang belum terakomodasi dengan kereta ini.

    ”Sebelum ada Solo Ekspres mereka menggunakan kereta terusan menggunakan KA Lodaya atau KA Kahuripan. Namun, jika dua kereta ini padat, PT KAI tidak menambah lagi. Harapannya KA Solo Ekspres ini bisa mengakomodasi penumpang yang selama ini tidak tertampung dari Prameks ataupun mengalihkan penumpang dari kereta terusan,” tandasnya. (vit/bun)

    Jadwal Keberangkatan Solo Ekspres :

    Pukul 08.40 dan 15.40
    Dari Stasiun Solo Balapan

    Pukul 11.15 dan 18.25
    Dari Stasiun Kutoarjo

    Stasiun pemberhentian
    -Purwosari
    -Klaten
    -Maguwo
    -Lempuyangan
    -Tugu
    -Wates.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top