• Berita Terkini

    Monday, March 26, 2018

    1.367 Siswa, Mengikut Try Out di MANSa

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 1.367 siswa SMP/MTs mengikuti try out dan pembahasan soal yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliah Negeri 1 (MANSa) Kebumen. Bukan hanya dari Kebumen saja, para siswa yang mengikuti try out juga banyak yang berasal dari luar kota, yakni Purworejo dan Cilacap. Banyaknya peserta, membuat try out dilaksanakan di ruang kelas dan aula MANSa Kebumen, Minggu (25/3/2018)

    Selain untuk mempersiapakan siswa menghadapi ujian nasional, try out juga dilaksanakan guna memperebutkan 10 peserta yang akan mengikuti program Leader class. Pasalnya 10 siswa peraih nilai terbaik yang memenuhi passing grade akan mendapatkan beasiswa Leader Class Full Study dengan total nilai mencapai Rp 142.272.720.

    Kepala MAN 1 Kebumen, H Mahmudin SPd MAg menyampaikan, try out dilaksanakan secara gratis untuk para siswa. Kendati demikian try out dilaksanakan juga untuk memperebutkan total beasiswa senilai Rp 313 juta. Beasiswa digunakan untuk 22 pemenang. “Terdapat beasiswa untuk leader class dan reguler,” tuturnya.

    Dijelaskanya, peringkat 1 sampai dengan 10 yang memenuhi passing grade akan mendapatkan beasiswa full study leader class. Sedangkan peringkat 11-50 yang juga memenuhi passing grade akan mendapatkan beasiswa bebas SOP kelas reguler dengan total mencapai nilai Rp 54 juta.

    “Jika peringkat 1 sampai dengan 10, ada yang mengundurkan diri maka akan diganti dengan peringkat di bawahnya,” paparnya, didampingi Dra Elly Samodriati salah satu guru MAN 1 Kebumen.

    Terkait dengan leader class Mahmudin menyampaikan, di MAN 1 Kebumen terdapat kelas khusus yang terdiri dari 22 siswa. Para siswa tersebut akan didik untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang. Adapun pemilihan 22 siswa leader class dilaksanakan melalui tiga hal yakni try out, test kompetensi dan nilai ujian nasional.

    Saat try out akan diambil 10 peserta yang nantinya akan mengikuti leader class. Sedankan sisanya  yakni 12 akan diambil dari test kompetensi 6 orang dan nilai UN 6 orang. “Para siswa yang masuk di leader class benar-benar orang-orang pilihan, yang akan didik untuk generasi terbaik masa mendatang,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top