• Berita Terkini

    Sunday, February 4, 2018

    Pasar dan PAUD Banioro Diresmikan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pasar Desa Banioro Kecamatan Karangsambung yang diberi nama “Gemawang” dan Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diresmikan, Minggu (4/2/2018). Baik Pasar Gemawang maupun PAUD dibangun menggunakan dana desa. Adanya pasar diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

    Pasar Desa Gemawang Banioro diresmikan oleh Camat Karangsambung Arnan Faozi SH. Sedangkan PAUD diresmikan oleh Pj Kades Banioro Sampurno SSos MM. Acara perseminan dimeriahkan dengan penampilan seni kuda lumping dari group Turonggo Purbosari dan Tari Gamyong. Acara peresmian juga dihadiri oleh jajaran Muspika Karangsambung.

    Dalam kesempatan tersebut Pj Kades Baniara Sampurno SSos menyampaikan, pada zaman dahulu Pasar Desa Banioro sebetulnya ramai. Namun seiring berjalannya waktu pasar berangsung sepi, termasuk saat didirikan Pasar Karangsambung. “Dengan adanya dibangun dan diresmikan kembali Pasar Gemawan, diharapkan dapat menjadi pusat perekonomian masyarakat,” tuturnya.

    Dijelaskannya, pembangunan pasar sendiri menggunakan dana desa (DD) mencapai Rp 89 juta. Dana tersebut digunakan untuk membangun sebanyak 24 kios. Sedangkan pembangunan PAUD juga menggunakan dana desa sebesar Rp 117 juta. “Pembangunan ini diharapkan akan semakin memajuan desa,” paparnya.

    Semula hari pasaran Pasar Gamawang sendiri  dilaksanakan setiap Sabtu. Namun saat ini hari pasaran akan dilaksanakan setiap Hari Minggu. Adanya pemindahan hari pasaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan keramaian pasar, yang berujung pada meningkatnya daya beli masyarakat. “Jika pengunjungnya banyak, kemungkinan untuk laku juga semakin tinggi,” paparnya.

    Sementara itu Ketua BPD Banioro Rilla Martini SPd menyampaikan,  hingga kini kemiskinan masih menjadi problem serius di Kebumen. Untuk adanya peresmian diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Pasar juga menjadi rujukan bagi masyarakat saat akan menjual atau membeli sesuatu.

    Pasar akan menjadikan roda perekonomian meningkat,  terutama bagi para pedagang tradisional dan rakyat kecil. Untuk itu salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat maka diperlukan pasar-pasar desa. “Harapan kami pasar benar-benar dapat beroperasi dengan baik, sehingga bermanfaat besar bagi perubahan masyarakat,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top