• Berita Terkini

    Tuesday, November 28, 2017

    Badai Tropis Menuju Jawa Tengah, Warga Diminta Waspada

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah melaporkan terjadinya badai tropis "Cempaka" yang sedang bergerak ke Jawa Tengah. Saat ini, badai tersebut berada sekitar 40 km dari Pantai Selatan Jogjakarta.

    "Malam  ini  (tadi malam, 28/11/2017), sampai 3 hari kedepan mendekati wilayah DIY dan Jawa Tengah," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, Eko Widiyanto, Rabu pagi (29/11/2017).

    Warga diminta bersikap waspada terkait fenomena badai tropis cempaka akibat cuaca ekstrem tersebut. Menurut Eko Widiyanto, badai tropis memicu hujan sedang sampai lebat terus menerus.

    Selain itu, angin kencang dengan kecepatan 20 sampai 40 Knot atau ada kenaikan signifikan dari kecepatan normal yang 5 knot. Kenaikan arah angin ini menimbulkan potensi puting beliung terutama bagi wilayah yang berada pada jalur badai.

    Baca juga:
    (Cuaca Ekstrem Masih Bertahan Hingga 2-3 Hari ke Depan)


    "Badai ini juga menimbulkan gelombang sepanjang pantai selatan akan meninggi, sekitar 2 sampai 4 meter," kata Eko yang didampingi Kasi Logistik BPBD Kebumen, Basori.

    Basori menghimbau, warga tidak panik namun bersikap waspada. Seperti menghindari bepergian ke luar rumah bila tidak benar-benar penting, hindari berlindung di bawah pohon, bangunan semi permanen atau baliho bila terjadi angin kencang dan hujan lebat.

    "Mencari informasi yang valid tentang kondisi cuaca terkini.Dan jangan terpancing pada informasi atau isu-isu yang tidak dapat dipertangungjawabkan. Apabila terjadi sesuatu kejadian bencana segeralah melaporkan kepada pihak yang berwenang," demikian Basori. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top