• Berita Terkini

    Sunday, July 31, 2016

    500 Peserta Ikuti Parenting SDIT Ibnu Abbas

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Anak-anak hidup bersama dalam kurun waktu yang lama bersama orang tua dalam bingkai keluarga. Disadari atau tidak, apa yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru oleh anak-anaknya. Maka berhati-hatilan bersikap di depan anak.

    Masa anak-anak merupakan masa usia emas, sehingga apa yang dilihat, didengar dan dirasakan diwaktu kecil, akan mempengaruhi perilaku dan watak saat dewasa nanti. “Apa yang anak-anak lakukan dimasa depanya, mungkin meniru sebagian besar contoh yang ditujukan oleh orang-orang yang membesarkan mereka,” tutur Konselor Keluarga dari Yogyakarta Arif Rahman Hakim bersama istrinya Nunung Bintari saat Silaturahmi dan Seminar Parenting keluarga besar SDIT Ibnu Abbas Kebumen yang dilaksakan di Gedung Olah Raga SMA Negeri 2 Kebumen, Sabtu (30/7/2016).

    Hadir pada kesempatan itu, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Alian KH Mabruh SAg serta 500 peserta.

    Arif Rahman menjelaskan, orang tua harus bersikap kompak dalam mendidik anak. Jika seorang ibu tidak memperbolehkan, maka ayahnya juga harus bersikap sama. Ini bertujuan agar anak tidak bersikap oporturnis. “Misalnya seorang ibu melarang anaknya saat meminta es krim. Namun kemudian ayahnya memperbolehkan dengan alasan sedikit saja tidak apa-apa. Dengan adanya sikap demikian, anak akan memahami bahwa hal yang tidak boleh oleh ibu, akan diminta kepada ayahnya, atau sebaliknya,” paparnya.

    Sikap orang tua yang selalu menuruti anak juga sangat tidak baik. Terutama bagi orang tua yang memiliki anak tunggal. Survei menyatakan anak-anak yang selalu mendapatkan apa yang diinginkan, akan menjadi pribadi yang rapuh di masa dewasa. Hal ini disebabkan ia tidak siap untuk menerima kegagalan. Padahal dalam kehidupan, acap kali sebuah keberhasilan diawali dari kegagalan. “Ini penting untuk dicermati, jangan hanya karena alasan untuk membahagiakan maka semua keinginan anak dituruti,” terangnya.

    Kepala SDIT Ibnu Abbas Murniatun SPd SD melalui waka kesiswaan Tarti Sri Daryati SPd mengatakan acara seminar parenting merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak Bulan Ramadhan. Adapun beberapa kegiatan meliputi Tarhib, Baksos, Tarawih bersama dan lain sebagainya. “Acara silaturahmi dan seminar kali ini juga sekaligus sebagai acara halal bihalal SDIT Ibnu Abbas dengan orang tua siswa serta pihak lainnya,” katanya.

    Adanya seminar parenting orang tua akan mempunyai kepedulian yang tinggi dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada anak-anaknya. Hal ini akan sangat membantu keberhasilan pendidikan. “Kami sangat berharap siswa-siswi SDIT Ibnu Abbas menjadi anak yang mempunyai kecakapan akedemik dan kepedulian yang tinggi terhadap sosial dan lingkungan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top