• Berita Terkini

    Tuesday, June 28, 2016

    KAI Tambah KA Tambahan Lebaran

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Masyarakat yang saat ini belum kebagian tiket mudik dan balik lebaran masih bisa berharap dari KA Tambahan Lebaran baru yang rencananya akan dijalankan oleh PT KAI.

    PT KAI Daop 5 Purwokerto berencana menambah satu KA Tambahan Lebaran lagi disamping empat KA Tambahan Lebaran yang telah resmi dioperasikan sejak 24 Juni kemarin. Tambahan KA lebaran tersebut akan dioperasikandengan jurusan Kutoarjo-Pasarsenen pp.

    "Satu rangkaian KA Ekonomi komersial baru  akan kita operasikan lagi untuk menambah KA Lebaran dari Kutoarjo," kata Manajer Humas Daop 5, Surono, Selasa (28/6).

    Surono mengatakan, pengoperasian KA Tambahan Lebaran baru jurusan Kutoarjo-Pasarsenen pp tersebut akan dilakukan sekitar tanggal 4 Juli (H-2 lebaran).

    Kereta api Tambahan Lebaran ini, kata Surono, akan menggunakan gerbong kereta ekonomi baru dengan rangkaian 9 kereta. Terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas masing-masing 80 seat dan 1 kereta untuk penumpang difabel dengan kapasitas 64 seat. Sehingga total kapasitas KA ini sebanyak 704 seat. "Rangkaian KA ekonomi komersial ini masih gres, baru keluar dari pabriknya di PT INKA Madiun," ujarnya.

    Menurutnya, selain dilengkapi fasilitas pendukung Standar Pelayanan Minimum (SPM), pendingun udara (AC) serta fasilitas penumpang difabel.  Gerbong baru ini juga menganut desain dan layout tempat duduk baru. Konfigurasi tempat duduknya 2+2 dengan layout 50 persen menghadap kearah depan dan 50 persen menghadap kebelakang.

    "Tempat duduknya tidak berhadap-hadapan, 40 menghadap kedepan semua, 40 lainnya menghadap kebelakang," ungkapnya.

    Selain itu, lanjut dia, desain sandaran tempat duduk juga tidak tegak lurus seperti kereta ekonomi yang ada saat ini. Sandaran didesain agak landai, sehingga akan membuat penumpang lebih nyaman. Layout baru tempat duduk kereta ekonomi komersial ini untuk memberikan privasi yang lebih baik bagi penumpang.

    Dengan dioperasikannya satu KA Tambahan Lebaran baru lagi, total setiap harinya akan ada 5 KA Tambahan Lebaran yang berasal dari Daop 5 Purwokerto selama angkutan lebaran 2016.

    Masing- masing 1 KA Tambahan Lebaran diberangkatkan dari Cilacap- Gambir (Purwojaya Lebaran), 3 KA Tambahan Lebaran dari Kutoarjo- Pasarsenen (Kutojaya Utara Lebaran) dan 1 KA Tambahan Lebaran dari Kutoarjo- Kiaracondong (Kutojaya Selatan Lebaran).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top