• Berita Terkini

    Monday, February 1, 2016

    Pemasangan LPJU Prioritaskan Rawan Kecelakaan

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) Memprioritaskan tempat yang rawan kecelakaan. Seperti di alang-alang amba atau jalan Karanganyar  - Gombong yang kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

    Prioritas tersebut atas permintaan Polres Kebumen kepada Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kebumen. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPU Kabupaten Kebumen Puguh Supriyanto.

    Selain permintaan dari Polres Kebumen, prioritas pemasangan LPJU lainnya berada di lingkungan pasar tradisional. Untuk prioritas ini atas usulan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen. "Karena di pasar tradisional juga dianggap rawan," katanya.

    Dijelaskannya, tahun 2016 ini pihaknya memiliki program pemasangan LPJU di seluruh desa yang ada di kabupaten berslogan Beriman ini. Pada tahun 2015 lalu, pemasangan LPJU difokuskan di wilayah kecamatan. Terutama di lingkungan kantor kecamatan yang masing-masing terdapat 12 lampu. Di Kebumen terdapat 26 kecamatan.
    Adapun pemasangan LPJU di desa-desa lanjutnya, selain di lingkungan balai desa setempat juga berada di tempat lain. hal ini lantaran terdapat kepala desa yang menghendaki agar dipasang di tempat lain. "Program pemasangan LPJU di desa ini dilaksanakan secara berkelanjutan," terangnya.

    Semua lampu di Kebumen lanjutnya, sudah bermeterisasi yang sebelumnya menggunakan sistem abonemen. Untuk pembayaran sistem abonemen, misalnya lampu jenis son 250 watt Rp 288 ribu, baik dipakai maupun tidak.

    Dengan menggunakan perubahan dari sistem abonemen ke meterisasi terjadi penurunan biaya hingga 30 persen. Pada tahun ini pembayaran untuk LPJU di Kebumen mencapai Rp 200 juta. Namun untuk LPJU jalan nasional dan provinsi tidak ada alokasinya. Misalnya Jalan Daendels dibangun tanpa LPJU. Pihaknya pun meminta agar dialokasikan penerangan jalan umum saat dilaksanakan pembangunan jalan tersebut.

    LPJU di Kebumen saat ini terpasang sekitar empat ribu titik. Lampu tersebut otomatis nyala dan mati sendiri. Dari sekian banyak LPJU tersebut, ternyata perawatannya hanya menggunakan satu kedaraan operasional. Karena satu kendaraan pengadaan tahun 2007 sudah rusak. Adapun tenaganya hanya satu supir dan empat teknisi yang menangani seluruh LPJU Se-Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top