• Berita Terkini

    Senin, 22 April 2024

    Peringatan Hari Kartini di Kebumen Berlangsung Semarak


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Tanggal 21 April menjadi salah satu hari yang istimewa bagi kaum perempuan. Ya, pada setiap tanggal tersebut, seluruh perempuan di Indonesia memeringati Hari Kartini


    Pun demikian kaum perempuan di Kebumen. Untuk tahun ini, upacara peringatan Hari Kartini ke- 145 digelar halaman Pendopo Kabumian, Senin (22/4). Menariknya, para peserta upacara mengenakan baju adat. Acara itupun berlangsung semarak namun khidmat.



    Hadir kemarin, jajaran Forkopimda, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Ketua TP PKK Iin Windarti Arif Sugiyanto, para pimpinan OPD serta ASN. Sementara itu Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bertindak sebagai pembina upacara. 


    Bupati menyatakan, peringatan Hari Kartini 2024 menjadi momentum untuk memperjuangkan kesetaraan dan memajukan pendidikan di Tanah Air. Khususnya di Kabupaten Kebumen.

    Menurutnya, Kartini membawa semangat untuk terus belajar. Karenanya semangat itu harus tetap menyala, meski berbeda masa. Sebab, kemajuan pendidikan dinilai sangat penting sebagai ikhtiar meraih cita-cita Indonesia emas 2045.


    “Semoga semangat Kartini senantiasa menyala dan tak kunjung padam di sanubari kita semua, demi kemajuan bangsa dan negara, meski berbeda masa," ujar Bupati di Pendopo, Senin (22/4/2024).

    Bagi Bupati, Raden Ajeng Kartini merupakan sosok pahlawan yang gigih memperjuangkan kesetaraan gender pada masanya. “Kartini itu pahlawan bagi kesetaraan. Kesetaraan perempuan dan laki-laki, karena memberikan teladan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan memberikan kontribusi cukup besar bagi kemajuan pendidikan, terutama pendidikan bagi kaum perempuan,” katanya.

    Bupati pun berharap perjuangan Kartini tak hanya menjadi menjadi catatan sejarah bagi bangsa, tetapi juga menginspirasi untuk mencapai kemajuan. “Meskipun zaman sudah berubah, semangat dan cita-cita Kartini tidak akan pernah berubah, tetap akan konsisten menghadapi zaman dan waktu yang berbeda,” tandasnya. Acara upacara peringatan Hari Kartini 2024 kemudian diakhiri dengan pemberian SK kenaikan pangkat periode 1 April 2024.




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top