• Berita Terkini

    Senin, 04 Maret 2024

    Usai Penantian Panjang, Kebumen Akhirnya Raih Adipura


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Setelah  lebih dari tiga dasawarsa menanti, Penghargaan Adipura akhirnya "nyantol" di Kebumen. Ya, di tahun ini di masa pemerintahan Bupati Arif Sugiyanto,  Kebumen meraih penghargaan Adipura tahun 2023

    Penghargaan bersejarah tersebut bakal diserahkan pada Selasa 5 Maret 2024 di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Bakti Jakarta Pusat yang akan diserahkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.


    Bupati Arif Sugiyanto pun mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Bisa dimaklumi. Puluhan tahun sudah Kebumen selalu dan selalu gagal meraih penghargaan Adipura


    “Penghargaan Adipura sudah dinantikan berpuluh-puluh tahun untuk Kebumen, bahkan dari saya masih duduk di bangku SMP sudah ikut menyengkuyung kerja bakti untuk meraih Adipura namun belum pernah terjadi, dan alhamdulillah di era kami pengharhaan Adipura ini insya Alloh bakal segera diraih,” katanya.


    Bupati Arif menjelaskan, persiapan untuk mendapatkan penghargaan Adipura sudah jauh dilakukan oleh Kabupaten Kebumen. Bahkan telah dibuatkan tugu yang berada di depan kantor pos untuk menyambut Adipura. Namun karena penghargaan itu belum dapat diraih akhirnya tugu yang berdiri di tengah-tengah jalan itu berubah menjadi tugu PKK.

    “Untuk menyambut itu, dulu sudah dibuatkan tugu namun belum berhasilnya meraih predikat tersebut, akhirnya tugu itu berubah jadi tugu PKK, dan diera kami berdasarkan kajian lalulintas yang saat ini semakin padat tugu itu sudah di robohkan justru kini Kabupaten Kebumen dapat meraih Adipura,” beber Arif.

    Bagi Arif Sugiyanto, penghargaan Adipura merupakan kebanggaan dari Kabupaten Kebumen. Ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Kebumen peduli dengan lingkungan.


    “Alhamdulillah berkat doa dari seluruh masyarakat kebumen dan kerja keras dari dinas lingkungan hidup dan jajaran sekda juga seluruh dinas dan masyarakat yang sudah berbahu-membahu menyelesaikan tugas salama 3 tahun ini agar Kebumen harus mampu meraih Adipura dan insya Allah doa kita bersama dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan insya Allah ,"


    "Adipura akan kita boyong di Kabupaten Kebumen dan kita bersama-sama akan melihat Adipura tersebut insya Allah akan kita gilir di setiap kecamatan dan tentunya dengan Raihan Adipura tersebut kita wajib secara bersama-sama meningkatkan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan,” katanya.


    Di saat yang sama, Bupati membeberkan sejumlah hal terkait penghargaan Adipura. Nantinya, bakal ada kebijakan pembatasan dimana dalam berbelanja di swalayan dan toko modern tidak boleh lagi menggunakan plastik kresek di setiap transaksi. Untuk itu warga masyarakat disarankan saat berbelanja di toko modern harus membawa kantong sendiri, yakni kantong yang dapat dipakai secara berulang.


    "Yang kedua soal pembuangan sampah. Masyarakat kita harus lebih peduli menjaga lingkungan dan untuk tidak membuang di sampah sembarangan dan juga tidak membakar sampah di lingkungan-lingkungan sekitar rumah. Tetapi kita harus mengelola sampah-sampah tersebut dengan membuang di TPS 3R yang ada di tiap-tiap kelurahan tiap-tiap desa," jelasnya.  (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top