• Berita Terkini

    Selasa, 12 Maret 2024

    Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Stabil


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari ini 12 Maret 2024. Pada H-1 Ramadan ini, banyak masyarakat yang datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan makanan guna persedian menu buka puasa maupun sahur. Ini pula yang terjadi di Pasar Tumenggungan Kebumen,  Senin (11/3)

    Di Pasar Induk tersebut, tampak pengunjung memenuhi beberapa los sembako dan sayuran. Mereka membeli bahan makanan untuk persiapan Ramadan.  Momen itu biasa disebut oleh warga sekitar dengan istilah “prepegan” yaitu kondisi dimana banyak warga yang berbondong datang ke pasar untuk memberli keperluan jelang bulan puasa maupun jelang lebaran.

    Untuk harga komoditas bahan makanan di Pasar Tumenggungan sendiri cukup stabil. Tidak ada kenaikan harga yang cukup signifikan, bahkan pada beberapa komoditi malah terjadi penurunan harga.

    Tria (40) salah seorang pedagang di Pasar Tumenggungan mengungkapkan, harga cabai kini mengalami penuruan. Seperti cabai merah besar dan cabai keriting, yang semula Rp 80 ribu kini turun di harga Rp 55 ribu perkilogram. Cabai Rawit juga mengalami penurunan harga dari Rp 70 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilogram. Sedangkan kenaikan terjadi pada bawang putih, dari yang semula Rp 40 ribu kini menjadi Rp 45 ribu perkilgoram. Bawang merah dari Rp 30 ribu naik di harga Rp 40 ribu. Sedangkan tomat dari Rp 15 ribu naik menjadi Rp 20 ribu perkilogram.

    “Kalau cabai kini sedang turun mas. Yang naik itu bawang merah bawang putih dan tomat. Naik sekitar lima sampai sepuluh ribu per kilonya. Kalau pembeli lebih banyak dari hari biasa karena kan besok udah mau puasa ya,” katanya.

    Untuk harga daging ayam cukup stabil di angka Rp 36 ribu  perkilogram Harga ini sudah terjadi sejak satu minggu yang lalu. Sedangkan kenaikan harga terjadi pada daging sapi, dari harga sebelumnya Rp 130 ribu kini naik menjadi  Rp 135 ribu perkilogram. Meski terdapat kenaikan, namun tidak berpengaruh pada minat pembeli. Karena tak sediki warga yang membeli daging untuk persedian di bulan puasa nanti.

    “Alhamdulillah ini mau puasa lumayan ramai pembeli, untuk harga naik cuma sedikit Rp 5 ribu per kilogram,” jelas Desi salah seorang pedagang daging  sapi

    Sementara itu Ika Hardiyanti salah seorang pengunjung yang tengah berbelanja di Pasar Tumenggungan, mengaku kondisi pasar jelang puasa memang biasanya akan jauh lebih ramai ketimbang hari-hari  biasa. Ini lantaran mereka mempersiapkan kebutuhan dapur dan kebutuhan rumah tangga untuk persediaan selama Bulan Ramadan.

    “Kayaknya tiap tahun begini ya kalau mau puasa ramai pada ke pasar prepegan kalau orang sini bilangnya. Beberapa barang ada sedikit kenanikan, tapi ya sementara ini sih masih cukup wajar,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top