• Berita Terkini

    Jumat, 29 Desember 2023

    Nataru, Arus Kendaraan Kebumen Melonjak


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Memasuki libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah Jalanan Protokol Kebumen sudah mulai dipadati kendaraan. Jalanan kebanyakan didominasi oleh kendaraan berplat luar. Ini seperti Jakarta dan Jawa Barat.

    Peningkatan volume kendaraan terpantau di Alun-alun Pancasila Kota Kebumen, Rabu  (28/12). Meski harus berjalan pelan-pelan, namun tidak terjadi kemacetan lalu lintas di seputaran Kota Kebumen. 

    Kepala Diperkimhub Kebumen melalui Kabid Transportasi dan Pengembangan Moda Disperkimhub Budiono menuturkan sejak libur Natal kemarin, peningkatan arus lalu lintas di Kebumen cukup signifikan. Ini mencapai 143 persen, baik roda dua maupun roda empat. Peningkatan tersebut sangat terlihat di sejumlah titik keramaian, seperti di Morosoetta dan juga Alun-alun Pancasila Kota Kebumen.

    “Terkait arus mudik Nataru ada peningkatan 143 persen. Ini baik kendaraan roda dua maupun roda empat terjadi peningkatan yang cukup signifikan khususnya di wilayah Kebumen. Untuk titik-titik keramaian yang pertama di Morosoett dan Alun-alun Pancasila,” jelasnya.

    Menurutnya banyak masyarakat Kebumen, yang kembali ke kota asalnya untuk menikmati libur Nataru. Ini dengan mengunjungi ikon Kota Kebumen seperti di Kapal Mendoan. Meski belum selesai pembangunannya, Kapal Mendoan tersebut telah menjadi magnet masyarakat, untuk melihat lebih dekat. 

    “Bisa dilihat Alun-alun pancasila direnovasi jadi seperti ini ada kapal mendoan dan juga ada air mancur. Ini menarik minat masyarakat ataupun para pemudik yang pulang ke kampung ke Kebumen untuk melihat lebih dekat,” jelasnya.

    Pihaknya menghimbau, memasuki libur Natal dan tahun baru ini, masyarakat diharapkan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Serta tidak memikirkan kendaraan sembarangan, demi kelancaran lalu lintas bersama.

    “Masyarakat dihimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Selain itu jangan parkir sembarangan, demi kelancaran lalu lintas, khususnya di Kota Kebumen,” ucapnya.

    Di Alun-alun Kebumen kini berdiri megah Kapal Mendoan. Mendoan sendiri merupakan akronim dari “Mangan Enak Karo Dolan”. Adanya kapal tersebut memang cukup menyedot perhatian banyak warga. 

    Meski pembangunan belum sepenuhnya selesai, namun sudah banyak warga yang berkunjung untuk melihatnya. Adanya Kapal Mendoan tersebut dinilai menjadikan Alun-alun Kebumen semakin indah dan cantik. 

    Di bagian lain, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD meninjau dan memantau sejumlah gereja dan pos keamanan lalu lintas menyambut natal dan tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Kebumen pada Minggu (24/12/2023). Kegiatan ini untuk memastikan pelaksanaan Nataru berjalan lancar dan aman. 

    Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto, mengatakan, pemerintah harus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada semua warga. Ia bersyukur pelaksanaan Natal di Kebumen berjalan lancar. 

    “Kami bersyukur umat Kristiani di Kebumen dapat melaksanakan ibadah Natal dengan lancar. Mereka beribadah secara aman dan nyaman,” kata Bupati. Tak lupa Bupati turut mengajak jamaah dan semua masyarakat Kebumen untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

    Pemantauan dimulai dari Gereja Yohanes Maria Vianney yang berlokasi di Jalan Sutoyo, kemudian ke Gereja Kristen Indonesia Penabur di Jalan Kolonel Sugiono. Kemudian lanjut pantuan ke pos pengamanan Nataru dan BPBD di Setroejenar, Buluspesantren. 

    Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan bantuan makanan ringan untuk para jamaat dan para penjaga pos pengamanan Nataru. Dengan adanya libur Nataru ini, Bupati berharap bisa meningkatkan sektor wisata di Kebumen. 

    "Libur panjang ini kita lihat wisata di Kebumen sudah banyak dipadati masyarakat dari berbagai daerah. Jalan-jalan sudah semakin padat kendaraan. Saya harap kunjungan wisata di Kebumen semakin meningkat dengan hadirnya wahana-wahana baru seperti Pandan Kuning Park," ucapnya. 

    Dandim O709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana mengatakan, pihaknya siap bersama polisi mengawal dan mengamankan Nataru dengan turut serta menerjunkan pasukan pengamanan.

    "Kita sama-sama menjaga bagaimana pelaksanaan Nataru ini aman dan nyaman," ucapnya.

    Sementara itu, Kapolres Kebumen yang diwakili Kabag Ops Kompol Setiyoko menyampaikan kegiatan pemantauan dilakukan untuk memastikan secara langsung situasi Kamtibmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.   "Kita memantau untuk memastikan, pengamanan sudah tergelar dengan baik. Selanjutnya tujuan dari pemantauan ini untuk memberikan rasa aman dan khidmat saudara-saudara kita dalam melaksanakan ibadah natal," jelasnya.( fur



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top