• Berita Terkini

    Jumat, 29 Desember 2023

    Bupati Kebumen Kembali Jabat Ketua IPSI


     KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kembali didapuk sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kebumen periode 2023-2027. Orang nomor 1 di Kebumen itupun sudah dilantik sebagai Ketua IPSI di Pendopo Kabumian, Selasa (26/12)


    Bupati menyatakan, di masa kepemimpinannya, pihaknya akan fokus menguatkan pembinaan pencak silat, dengan melatih dan mengembangkan kemampuan para atlet agar bisa menjadi juara dalam berbagai turnamen pencak silat.

    "Dengan melihat pertumbuhan pencak silat di Kebumen yang semakin subur, saya yakin kita mampu melakukan pembinaam para atlet kita agar bisa meraih prestasi di berbagai turnamen pencak silat," ujar Bupati di Pendopo Kabumian.

    Menurut Bupati, penguatan harus mulai dari tiap-tiap padepokan. Ia berharap tiap-tiap padepokan pencak silat bisa menjaring bibit-bibit unggul untuk disiapkan menjadi atlet berprestasi. Dengan begitu, SDM IPSI di Kebumen semakin kuat. Hal itu tentunya kata Bupati, perlu didukung dengan penguatan pendanaan dari berbagai sumber. 

    Sementara itu, Ketua Harian IPSI Jawa Tengah Darmaji menyampaikan selamat dan apresiasi yang luar biasa dengan dilantiknya kepengurusan IPSI Kebumen yang baru. Ia menyebut baru kali, Ketua IPSI Kabupaten dijabat seorang Bupati.

    "Satu hal yang patut kita apresiasi, baru kali ini di Jawa Tengah, seorang Bupati bersedia menjadi Ketua Umum IPSI Kabupaten. Kita semua tentunya menaruh harapan besar, di tangan beliau, pencak silat di Kebumen semakin maju," ucapnya.

    Darmaji mengungkapkan, atlet pencak silat dari Kebumen termasuk yang diperhitungkan di tingkat nasional. Dalam sejarahnya, kata dia, atlet pencak silat dari Kebumen pernah meraih juara di sejumlah turnamen, baik tingkat daerah maupun nasional. 

    "Setahu saya ada dua pelatih pencak silat di Kebumen yang dulu atlit berprestasi. Pertama, Sigit Ikhwantoro. Dua, Dian Kristanto. Sekarang mereka menjadi pelatih di Jawa Tengah. Prestasinya luar biasa: juara PON, juara Sea Games, dan juara dunia," terangnya. "Sekarang kalau Pak Bupati jadi Ketua Umum, saya kok membayangkan Kebumen akan semakin kuat pencak silatnya," tandasnya.

    Diketahui pelantikan IPSI Kebumen turut dihadiri jajaran pengurus IPSI Jateng, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Forkopimda, serta para anggota dari berbagai padepokan pencak silat. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top