• Berita Terkini

    Rabu, 23 Agustus 2023

    Mahasiswa KKN UNS Galakkan Apotek Hidup


    KEBUME (kebumenekspres.com)N-Mahasiswa Tim KKN 144 dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yang bertempat di Desa Jatisari Kebumen menggelar kegiatan pemberdayaan perempuan. Ini melalui kegiatan PKK.

    Acara yang dilaksanakan baru-baru ini, mengusung tema “Apotek Hidup dan Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kelompok Kerja (Pokja) III yang mengelola kegiatan pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga”. Kegiatan dihadiri oleh anggota PKK di Desa Jatisari. 

    Dalam program kerja tersebut, para Mahasiswa KKN 144 UNS Desa Jatisari melakukan berbagai kegiatan penyuluhan. Ini tentang jenis-jenis tanaman apotek hidup beserta manfaatnya.

    Ketua TP PKK Desa Jatisari Eko Aprilawati Wijirahayu SPd MM menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, pengenalan tanaman apotek hidup dapat menambah wawasan bagi ibu-ibu PKK. Para peserta pun antusias. Ini tampak dari keaktifan untuk berdiskusi dan tanya jawab serta semangat untuk menanam tanaman apotek hidup secara langsung. 

    Koordinator Program Kerja Adelia Isfara mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung gerakan Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman TOGA). Penanaman tanaman obat keluarga untuk apotik hidup tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu “Ini agar memiliki tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah,” tuturnya. 

    Saat kegiatan penanaman berlangsung, para ibu pun sangat antusias untuk melakukan praktik menanam. Meskipun tanaman yang ditanam sudah sangat familiar ditemui di pasar, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para ibu PKK untuk menanam tanaman obat secara mandiri. 

    Sementara itu, Ketua Tim KKN 144 UNS Ghazi Inzanul berterimakasih dan mengapreasiasi kepada para ibu PKK yang sudah sangat antusias. Pihaknya berharap kegiatan tersebut menjadi kegiatan baru yang bermanfaat bagi anggota PKK. 

    “Saya dan teman-teman Tim KKN sangat senang dan mengapreasiasi semangat ibu-ibu PKK dalam kegiatan apotek hidup ini. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan lain yang mendukung program kerja III PKK,” paparnya.

    Tim KKN 144 UNS Desa Jatisari juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kebumen untuk menyediakan bibit buah dan pucuk merah. Kegiatan diakhiri dengan pembagian pupuk organik padat yang telah dibuat pada kegiatan sebelumnya serta pembagian bibit tanaman. Sebanyak kurang lebih 20 bibit tanaman kelengkeng dibagikan kepada Anggota PKK. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top