• Berita Terkini

    Minggu, 16 Juli 2023

    Mantu Putra Sulung, Bupati Kebumen Habiskan Rp 1 Miliar Dana Pribadi

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Gawe besar tengah dialami Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Bagaimana tidak. Orang nomor 1 di Kebumen itu tengah menikahkan putra sulungnya. 




    Sejumlah rangkaian acara yang melibatkan puluhan ribu orang pun digelar. Menariknya,  Bupati Kebumen Arif tak segan membeberkan berapa dana yang ia keluarkan untuk hajat tersebut.  Bupati mengungkap, ia menghabiskan dana Rp 1  miliar. Dana sebesar itu berasal dari dana pribandi sang Bupati.  Kerennya, Bupati tidak menerima "kondangan" atau bingkisan dari para tamunya


    “Anggaran Rp1 Miliar dari dana pribadi, untuk pakaian, tarub, konsumsi, sarana prasarana, artis, dan panggung. Artis ada dua, Rio Febrian di acara resepsi di area Pendopo Kabumian dan artis untuk pesta rakyat yaitu Monata,” kata Bupati, Jumat (14/7/2023).


    Ya, acara mantu Bupati Arif ini memang tergolong sangat mewah untuk ukuran Kebumen.  Bupati mengundang 5.751 orang dalam acara nguduh mantu di Pendopo Kabumian, Minggu (16/7). Sejumlah pejabat hadir di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Menteri Ketenagakerjaan.


    Adapun anggota DPR yang hadir, ada Wakil Ketua Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar M. Sarmuji, anggota DPR dari Fraksi PDIP Utut Adianto, Anggota dari Fraksi Gerindra Darori Wonodipuro, Anggota dari Fraksi PKB Taufik Abdullah, dan mantan anggota DPR RI Nusron Wahid.


    Ngunduh mantu putra sulung Bupati juga turut dihadiri oleh pejabat kepolisian, diantaranya Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langeng Purnomo, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol Yuri Karsono  dan Wakapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Bambang Yudantara , serta sejumlah kapolres.


    Hadir pula sejumlah bupati, seperti Bupati Blora Arief Rohman, Bupati Banyumas Achmad Husein,  Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, Ketua Umum APKASI Sarman Simanjorang, serta masih banyak lain, termasuk rektor dan pejabat daerah.

    Dalam acara ngunduh mantu ini, Bupati mengundang sekitar 5600 orang. Baik Bupati Kebumen maupun pengantin terlihat menggunakan pakai adat Jawa. Prosesi ngunduh mantu juga dibarengi dengan adat Jawa, serta dimeriahkan dengan penampilan Rio Febrian.


    Acara ngunduh mantu akan dimulai pada pukul 9.00-13.00 WIB di area Pendopo Kabumian. Selanjutnya pada pukul 13.30 WIB berlangsung kirab pengantin mulai dari barat Tugu Walet atau Jalan Soekarno Hatta, Jalan Merdeka, dan finish di Pendopo Kabumian.


    Pada acara kirab pengantin, nantinya akan diramaikan dengan marching band, Tari Cepetan, Tari Lawet, pasukan bregodo, serta kereta kencana. Adapun pesan yang ingin disampaikan dengan adanya kirab pengantin bahwa Kebumen memiliki kebudayaan yang khas, sekaligus untuk mempromosikan geopark Kebumen. Selain ngunduh mantu dan kirab pengantin, terdapat acara pesta rakyat dengan menyuguhkan menu makanan dari UMKM sebanyak 10.000 porsi yang disiapkan gratis untuk masyarakat.


    "Tanpa mengurangi rasa hormat, kami tidak menerima hadiah, bingkisan, atau sumbangan dalam bentuk apapun," katanya. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan istrinya Iin Windarti Arif Sugiyanto baru saja menikahkan putra sulungnya Aganta Pratama Sugianto Samalangu dengan Nurul Saraswati putri keempat dari Keluarga H Mursjid dan Ny. Ety Rohaety. Akah nikah berlangsung secara sederhana di Grand Ballroom JIEP Pulo Mas, Jakarta Timur pada Minggu (9/7/2023) sore.(*)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top