• Berita Terkini

    Jumat, 28 Juli 2023

    Kisah Hidup AKP Tejo Suwono, Kasatlantas Polres Kebumen


    Sempat tak Bisa Beli Buku Buat Sekolah, Kini Bisa Bantu Siswa Kurang Mampu


    SIAPA sangka AKP Tejo Suwono pernah mengalami getirnya masa kecil. Ya, pria yang saat ini menjabat Kasat Lantas Polres Kebumen itu sempat tak mampu beli buku saat sekolah. Namun, pengalaman itu kini menjadi cerita manis usai ia menjadi perwira di Polri. Dan, AKP Tejo Suwono tak ingin masa lalunya itu dialami anak sekarang.

    ---------------------

    CAHYO K, Kebumen

    ---------------------

    Sosok AKP Tejo Suwono sudah tak asing lagi bagi warga Kebumen. Sejumlah tugas pernah ia lakoni selama menjabat sebagai personel Polres Kebumen. Di luar tugasnya itu, AKP Tejo Suwono pun kerap terlihat mendampingi bahkan ikut membesarkan cabang olahraga sepak bola. Ia pun aktif dalam kegiatan sosial dengan membantu warga kurang mampu


    Di balik cerita suksesnya, AKP Tejo Suwono ternyata memiliki masa kecil yang kurang beruntung. Semasa sekolah, ia pernah mengalami fase susahnya membeli buku karena keterbatasan ekonomi orangtua saat itu.

    Hebatnya, Tejo kecil tidak pernah menyerah. Tak mampu beli buku, bukan alasan ia ogah belajar. Dasar panjang akal dan tekad pantang menyerah, Tejo meminjam buku kepada temannya. Di lain waktu, ia belajar di rumah teman yang memiliki koleksi buku pelajaran yang lebih lengkap.


    AKP Tejo Suwono mengaku tak pernah melupakan pengalamannya itu. Ia pun tak segan membagikan kisahnya kepada anak-anak muda sekarang. Seperti saat ia hadir pada kegiatan police goes to school di SMP Negeri 1 Alian,  Jumat (28/7)


    Kepada para siswa, AKP Tejo Suwono menyampaikan kisahnya itu. Tak hanya itu, ia memberikan bantuan beasiswa kepada tiga murid di sekolah tersebut.

    Tiga murid tersebut yakni kelas VII satu murid, kelas VII satu murid, dan kelas IX satu murid. 


    "Sangat bersyukur sekali, masih bisa berbagi. Adik-adik ini, nanti kita beri beasiswa satu tahun ajaran agar lebih semangat belajar, dan semakin berprestasi," ungkap AKP Tejo saat memberikan beasiswa

    Tiga siswa SMP Negeri Alian yang mendapatkan bantuan beasiswa dari AKP Tejo adalah yatim piatu, sehingga bantuannya diharapkan dapat memacu semangat meraih cita-cita. 

    "Pernah Pak, saya mau belajar tidak punya buku. Jadi benar-benar harus meminjam, atau pergi ke rumah teman. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi buat semuanya, agar lebih bermanfaat kepada sesama," pungkasnya. 


    Menurut AKP Tejo, dengan bantuan beasiswa, murid tersebut diharapkan akan lebih fokus dalam belajar. Sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan maksimal di sekolah.  Kegiatan kemanusiaan lain, yang telah diinisiasi AKP Tejo yakni program "Senin Sedekah". Ia mengajak para personel Sat Lantas untuk menyisihkan uang sakunya lalu dibelikan nasi kotak dan diberikan kepada warga membutuhkan saat patroli keamanan lalu-lintas jumat berkah humanis (Paman Berkumis).

    Menurut AKP Tejo melalui Paman Berkumis, personel yang diajak membagikan langsung nasi kotak akan memunculkan rasa syukur yang mendalam dan indahnya berbagi kepada sesama. 

    Lalu pada akhir kegiatan, AKP Tejo mengajak kepada seluruh murid SMP Negeri 1 Alian menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan selalu tertib berlalu-lintas, dan tidak mengikuti kegiatan negatif seperti tawuran antar pelajar. Pesan tersebut agar kedepan Kebumen memiliki masyarakat dengan kesadaran hukum yang semakin tinggi, serta dapat menekan angka kecelakaan lalu-lintas. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top