• Berita Terkini

    Jumat, 07 Juli 2023

    Ini 8 Cara Merawat Battery Health iPhone, Jangan Sampai Salah

    KEBUMENEKSPRES.COM - Sebagai salah satu jenis smartphone yang menawarkan fitur yang lengkap, desain yang menarik dan juga rasa eksklusif, wajar rasanya jika banyak yang menaruh minat kepada iPhone. Ponsel buatan Apple ini pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan masih menjadi salah satu produk smartphone yang terjual dengan baik.

    Karena punya harga jual yang cukup tinggi dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur, wajar jika banyak pemiliknya sangat merawat iPhone, mulai dari membeli adaptor charger original hingga menghindari mengisi baterai hingga penuh. Jika angka battery health menurun, maka kapasitas baterai ikut menurun sehingga iPhone tidak bisa bertahan lama. Nah, berikut ini beberapa cara merawat battery health iPhone Anda.

    1.   Gunakan Adaptor Charger Original atau Berlisensi

    Yang pertama dan cukup krusial adalah menggunakan adaptor charger original. Atau, sebagai alternatif, pilih adaptor charger dari brand aksesoris handphone yang berkualitas. Pastikan juga adaptor charger yang Anda beli memiliki konektor yang sesuai dan memberikan tegangan yang sesuai dengan iPhone Anda.

    Selain itu, Anda bisa pilih adaptor fast charging atau yang biasa saja. Adaptor fast charging tentu menawarkan waktu pengisian baterai yang lebih cepat, namun harganya tentu jauh lebih mahal dan juga sedikit lebih panas. Anda juga bisa membeli adaptor charger yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti perlindungan dari lonjakan arus atau kelebihan panas. Fitur-fitur ini dapat membantu melindungi iPhone Anda dari kerusakan akibat kondisi yang tidak diinginkan.

    2.   Jangan Lupa Kabel Yang Sesuai

    Selain adaptor charger, Anda juga perlu memilih kabel charger yang sesuai dengan iPhone Anda. Jika kabel charger Anda rusak atau hilang, disarankan untuk membeli kabel charger original atau kabel charger yang sudah mengantongi sertifikat Made For iPhone (MFi). Sertifikat MFi merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Apple untuk produk-produk aksesoris yang sesuai dengan standar dan keperluan iPhone.

    Dengan membeli kabel charger dari pihak ketiga yang sudah disertai sertifikat MFi, Anda bisa menghemat budget namun tetap mendapatkan kabel yang berkualitas. Hindari mengisi daya iPhone Anda dengan kabel yang tidak cocok karena hal tersebut dapat mengurangi battery health iPhone Anda.

    3.   Jangan Gunakan iPhone Hingga Baterai Habis

    Disarankan untuk tidak menggunakan iPhone hingga baterai habis total atau hingga 0%. Anda Sehingga, Anda tidak perlu mengisi ulang baterai iPhone sebelum mencapai level 0% atau mati total. Membiarkan baterai habis total atau hingga 0% secara berulang dapat mempengaruhi umur baterai.

    Sebaiknya isi ulang baterai saat baterai iPhone Anda tersisa sedikit, misalnya sekitar 20-30%. Dengan begitu, baterai iPhone Anda bisa lebih awet dan juga tahan lama.

    4.   Jaga Suhu iPhone

    Usahakan agar iPhone Anda tidak terkena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu ekstrem dapat merusak baterai. Jika Anda berada di negara tropis seperti Indonesia, hindari meninggalkan iPhone di tempat yang terlalu panas dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti dalam mobil yang terparkir di bawah sinar matahari langsung serta hindari menggunakan iPhone dalam keadaan panas yang bisa mempengaruhi kondisi baterai iPhone.

     Juga, hindari penggunaan iPhone dalam suhu yang sangat rendah. Saat Anda merasa iPhone Anda panas saat dicharge, lepas iPhone dari casing dan letakkan di tempat yang datar seperti lantai. Hindari meninggalkan iPhone saat dicas dan ditaruh di permukaan yang empuk seperti kasur yang bisa membuat suhu iPhone semakin panas.

    5.   Jangan Malas Upgrade!

    Salah satu kebiasaan buruk beberapa pemilik iPhone atau bahkan jenis smartphone lain adalah malas untuk melakukan upgrade OS. Disarankan untuk selalu perbarui perangkat lunak atau iOS iPhone Anda ke versi terbaru.

    Tidak hanya memberikan tampilan yang baru atau fitur yang baru, pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan dan peningkatan performa yang dapat mempengaruhi penggunaan baterai Anda secara cukup signifikan.

    6.   Batasi Push Notifications

    Cara lainnya adalah dengan membatasi push notifications atau notifikasi yang terus menerus karena dapat mengurangi kapasitas dan juga berdampak kepada kesehatan baterai. Batasi penggunaan pemberitahuan atau notifikasi, dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang tidak begitu penting, atau atur agar hanya aplikasi penting yang dapat mengirimkan push notifications.

    7.   Gunakan Low Power Mode

    Fitur Low Power Mode merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan battery health iPhone Anda. Aktifkan fitur ini untuk membatasi performa iPhone atau menyesuaikan performa iPhone sesuai dengan keperluan Anda. Dengan begitu, daya baterai akan tetap awet.

    8.   Matikan Fitur Yang Tidak Dipakai

    Mematikan fitur pada iPhone juga bisa membantu menjaga kesehatan baterai. Matikan fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS pada beberapa aplikasi, hingga cek fitur AirDrop. Dengan mematikan fitur yang tidak digunakan, baterai bisa jadi lebih awet dan tahan lama.

    Nah, itu dia 8 cara menjaga battery health iPhone Anda tetap sehat, mulai dari membeli adaptor charger hingga mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan. Dengan baterai yang sehat, Anda bisa lebih aman dan tenang menggunakan iPhone untuk beberapa tahun ke depan.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top