• Berita Terkini

    Minggu, 16 Juli 2023

    175 Karateka Beradu Ketangkasan Kejuaraan Antar Dojo


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sebanyak 175 karateka asal Kebumen beradu ketangkasan jurus dalam Champion Kejurda 2023, Kejuaraan Antar Dojo. Ini digelar oleh Bandung Karate Club (BKC). Pertandingan tersebut adalah kali pertama digelar. Ini setelah 24 tahun BKC Kebumen berdiri. 


    Pertandingan sendiri digelar selama dua hari di Aula Kecamatan Adimulyo Kebumen, Sabtu (15/7/2023). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KONI Kabupaten Kebumen HD Sriyanto, Ketua Umum BKC Keburu Mano Wibowo dan juga para Ketua Dojo. 


    Disela-sela kegiatan Mano Wibowo menuturkan pertandingan yang digelar kali ini adalah Kejuaraan Antar Dojo dari intern BKC. Rencananya akan digelar setiap dua tahun sekali. Dimana kegiatan tersebut merupakan kali pertama digelar selama 24 tahun atau sejak BKC Cabang Kebumen didirikan. 


    Menurutnya, selama ini BKC Cabang Kebumen dari awal berdiri hingga kini sudah banyak mencetak atlet Karate. Ini mulai dari tingkat internal BKC sendiri, Kejuaraan Open hingga ke tingkat internasional. Kejuaraan antar Dojo yang digelar saat ini adalah untuk mengembangkan kemampuan para atlet. Sehingga mereka bisa meraih juara pada pertandingan selanjutnya. 

    “Kejuaraan tersebut digelar sekaligus dalam rangka ulang tahun BKC yang ke 57. Ini yang pertama digelar di BKC Kebumen setelah 24 tahun berdiri. Harapannya karateka Kebumen bisa semakin berkembang dan siap untuk Kejuaraan Kejuaraan selanjutnya,” paparnya. 


    Sementara itu Ketua Panitia Kejuaraan Antar Dojo BKC Kebumen Sugeng Riyanto mengatakan kejuaraan diikuti oleh 15 Dojo yang tergabung dalam BKC di Kebumen. Kedepan diharapkan adanya pertandingan ini bisa untuk mensukseskan program BKC pusat untuk mengadakan event menuju jenjang yang lebih tinggi, yakni persiapan kejurnas di Jakarta. 

    “Kejuaraan antar Dojo digelar selama dua hari yakni 15-16 Juli 2023. Untuk peserta keseluruhan ada 175 atlet. Kelas yang di pertandingkan dari usia dini sampai dengan SMA. Sedangkan kategorinya festival dan prestasi, ini sekaligus untuk mempersiapkan para atlet di Kekuatan yang lebih bergengsi,” paparnya. 


    Javier Anugrah Ondowinoto (18) siswa SMA N 1 Kebumen yang menjadi atlet Karateka BKC mengaku sudah berlatih Karate sejak kelas 3 SD. Kini telah meraih kemenangan di beberapa Kejuaraan, mulai dari provinsi, dulongmas, Nasional hingga internasional virtual. 


    Menurutnya, kerasnya dalam berlatih menjadi kunci dalam kemenangan setiap pertandingan. Ia juga mengaku sangat bangga dengan adanya pertandingan Kejudo BKC Kebumen, agar kedepan banyak atlet Karate yang bisa ikut dalam berbagai macam Kejuaraan.  “Kalau prestasi tertinggi sampai ke tingkat internasional,  dan beberapa pertandingan lain, kuncinya adalah terus berlatih,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top