• Berita Terkini

    Senin, 19 Juni 2023

    Puluhan Tukik Kembali Dilepasliarkan di Kali Ratu

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Puluhan ekor tukik kembali dilepasliarkan di  pantai Kali Ratu, Jogosimo, Klirong, Senin (19/6/2023). Selain itu, Pemkab Kebumen yang punya gawe juga melakukan penanaman ratusan pohon mangrove di sekitar lokasi


    Tampak kemarin, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Direktur Keuangan Pertamina Foundation Muhamad Yudi Setiawan, serta Fajriyah Usman VP CSR Pertamina, dan jajaran Forkompinda hadir dalam kegiatan tersebut


    Bupati yang juga didampingi istrinya Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Sugiyanto menyampaikan, pelepasan tukik menjadi salah satu rangkaian dari Kebumen International Expo (KIE) 2023. Ada puluhan tukik yang dilepasliarkan di Pantai Selatan. 


    Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Termasuk Pertamina sebagai seponsor utama KIE. "Sebagai seponsor tunggal KIE, saya menyampaikan terima kasih kepada Pertamina. Kali ini Pertamina Foundation kembali melakukan pelestarian lingkungan dengan melakukan pelepasan tukik di Kali Ratu yang menjadi wilayah penangkaran penyu," ujar Bupati.

    Bupati mengungkapkan, selama ini Pertamina sudah banyak memberikan dana CSR untuk pelestarian lingkungan di Kabupaten Kebumen. Seperti pelestarian hutan mangrove di Pantai Ayah, serta pembinaan dan pengembangan wilayah konservasi penyu di Kali Ratu, Klirong.

    "Saya kira Pertamina sangat konsen dalam upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Kebumen. Dengan pelestarian ini artinya kita akan mewariskan keanekaragaman lingkungan untuk generasi anak cucu kita," tuturnya.

    Menurutnya, yang menarik dari pelepasan tukik di kawasan Kali Ratu ini adalah sudah mulai tumbuhnya pohon-pohon cemara. Ada ribuan pohon yang ditanam di sepanjang Kali Ratu. Hal ini menambah keindahan dan kesejukan alam penakaran penyu ini.

    "Kemudian tadi kita juga melakukan penanam mangrove secara simbolias, ada 500 pohon yang kita tanam di sepanjang sungai Kali Ratu. Tentunya ini baik untuk mencegah abrasi," jelasnya.

    Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina Foundation Yudi Setiawan menyatakan, setidaknya ada 50 ekor tukik yang hari ini dilepasliarkan di Pantai Kali Ratu. Ini merupakan kegiatan yang sudah berulang kali dilakukan Pertamina dalam rangka pelestarian lingkungan di sepanjang Pantai Selatan.

    "Ini merupakan kerjasama kami dengan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen dan Yayasan BenihBaik.com. Mudah-mudahan dengan pelepasrian tukik ini, hewan yang dilindungi ini bisa kembali dan berkembang biak di luatan lepas, sehingga pelestarian ini terus terjaga," tandasnya.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top