• Berita Terkini

    Jumat, 16 Juni 2023

    Kegiatan Pengabdian di SD N 3 Klapasawit


    KEBUMEN- Telah dilaksanakan KKN Pengabdian di SD N 3 Klapasawit yang terintegrasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Asistensi Mengajar. Pengabdian dilaksankan dari bulan Februari sampai bulan Juni. 


    Kegiatan KKN dalam asistensi mengajar di SD N 3 Klapasawit meliputi penghijauan lingkungan sekolah, mading, calistung, baca tulis bahasa Inggris (bacis), budaya literasi, selasa sehat dan jumat bersih. Kegiatan tersebut dilakukan oleh 6 mahasiswa S1 PGSD Kebumen UNS yang menjalani program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diketuai oleh Adib Nurul Huda dan dibawah bimbingan Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. selaku dosen pembimbing. Alasan dipilihnya kegiatan-kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan budaya belajar yang menyenangkan di lingkungan sekolah dan upaya memfasilitasi siswa dalam mengembangkan ketrampilan belajarnya.  Kegiatan-kegiatan tersebut memiliki alokasi waktu pengerjaan selama 2 minggu. 

    Kegiatan penghijauan lingkungan sekolah diimplementasikan dengan pembuatan taman sekolah. SD Negeri 3 Klapasawit memiliki halaman yang luas dan kondisi taman yang kurang tertata. Oleh karena itu, kelompok kami memilik kegiatan penghijaun sekolah menjadi salah satu program KKN kami. Pembuatan taman dilakukan selama 2 minggu dan dilakukan oleh mahasiswa. 

    Mading atau majalah dinding merupakan papan informasi yang biasa ada di sekolah yang berisi informasi dan kreatifitas siswa. SD Negeri 3 Klapasawit memiliki 2 papan mading yang berada di dekat kantor dan di depan kelas 4. Mading di SD Negeri 3 Klapasawit belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, kami mengadakan program hias mading untuk mengoptimalkan fungsi mading yang sudah ada. Mading dihias dengan tema tertentu, seperti laut, yang berisi informasi, karya tulis, dan tips belajar. 

    Literasi merupakan salah satu hal yang sedang dibicarakan dan dibiasakan di sekolah-sekolah. Literasi merupakan kemampuan individu dalam memahami dan mengolah informasi ketika proses membaca dan menulis. Literasi yang dibiasakan di SD Negeri 3 Klapasawit adalah literasi membaca yaitu membaca Alqur’an dan membaca buku baik fiksi ataupun non-fiksi. Literasi Alqur’an dilaksanakan setiap pagi dan literasi membaca buku dilakukan ketika sebelum pembelajaran di kelas setiap hari Kamis. 

    Calistung atau baca, tulis, dan berhitung merupakan program KKN kami yang bertujuan untuk membantu siswa kelas rendah yang masih kesusahan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Pelaksanaan calistung ini selama 2 minggu dan menyesuaikan dengan kegiatan sekolah. 

    Bacis atau baca tulis bahasa Inggris merupakan program kami yang bertujuan membantu kelas 1 dan 4 belajar bahasa Inggris. SD Negeri 3 Klapasawit merupakan sekolah penggerak yang sudah menerapkan kurikulum merdeka di kelas 1 dan 4. Dalam kurikulum merdeka bahasa Inggris merupakan mata pelajaran pilihan yang dapat dipilih oleh sekolah penggerak. 

    Selasa sehat adalah program kegiatan KKN yang bertujuan membiasakan kegiatan olah raga untuk warga sekolah. Olah raga pada selasa sehat bisa berupa senam, jalan sehat, dan permainan. Selasa sehat dilaksanakan setiap minggu ke-1 dan ke-3 setiap bulannya. 

    Jumat bersih merupakan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah mulai dari ruang kelas, kamar mandi, kantor, ruang tamu, dapur, mushola, perpustakaan, gudang, dan halaman sekolah. Jumat bersih dilakukan setiap minggu ke-4. Jumat bersih diikuti oleh semua warga sekolah. Biasanya jumat bersih akan diselingi oleh kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk kelas 1 dan 4.   



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top