• Berita Terkini

    Sabtu, 24 Juni 2023

    Apa itu LTC, Cara Kerja dan Kelebihannya


    Aset digital yang ada pada crypto currency sangatlah banyak, sehingga diperlukan pengetahuan yang luas untuk mempelajari setiap aset digital yang sedang naik daun atau populer di masyarakat. Salah satu mata uang crypto yang patut dijadikan aset dan investasi adalah Litecoin atau LTC. 

    Baca juga Ulasan KuCoin dari BitDegree

    Ini adalah perubahan atau pembaruan dari Bitcoin. Namun tidak dalam satu kendali, karena keduanya bekerja sendiri-sendiri dan memiliki kelebihan dan kekurangan. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan Bitcoin, yaitu sebagai alat pembayaran.

    Sementara itu, berinvestasi dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan kekayaan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan metode konvensional, dengan LTC maka kamu akan mendapatkan income passive.

    Litecoin (LTC) adalah jenis cryptocurrency yang saat ini digunakan sebagai aset investasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, koin ini merupakan variasi dari Bitcoin yang mungkin sudah Anda ketahui. Untuk mendapatkan kedua jenis koin tersebut sama saja yaitu proses mining atau collection.

    LTC disebut sebagai mata uang digital peer-to-peer yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Sejauh ini, banyak yang menyetujui metode pembayaran ini. Solusi digital diadopsi karena prosesnya lebih cepat. Selain itu, mata uang digital ini bersifat terbuka dan tidak memiliki kewenangan instansi pemerintah.

    Meskipun sekarang ada banyak jenis akun dan dompet digital, Litecoin memiliki sesuatu yang berbeda. Kamu tidak harus melalui pihak ketiga seperti bank untuk menyelesaikan transaksi. Namun, masih terdapat kekurangan dibandingkan dengan pembayaran konvensional yaitu tidak memiliki bentuk fisik sehingga tidak dapat digunakan untuk bisnis offline. 

    Litecoin atau LTC diciptakan Charlie Lee lulusan MIT (Massachusetts Institute of Technology). Dia juga pernah bekerja di Google. Awal pertama kali dirilis pada tahun 2011 dan terus berkembang hingga saat ini.

    Tentu saja, ada banyak keuntungan untuk dapat bersaing dengan mata uang crypto lainnya. Sebagai pertukaran Bitcoin, Litecoin sering dianggap perak, sedangkan Bitcoin adalah emas. Tidak buruk jika semua orang berpikir demikian, karena sebenarnya kedua cryptocurrency ini selalu menggunakan prinsip yang sama. Sederhananya, Litecoin menggunakan fondasi Bitcoin, tetapi tetap berada di jaringan terpisah.

    Tidak dapat disangkal bahwa Bitcoin masih tinggi, tetapi itu tidak berlaku untuk semua hal. Jika status cryptocurrency saat ini adalah BTC yang menempati posisi pertama maka nilai LTC to IDR  tentu masih berada dibawahnya.  Namun dari segi kecepatan transaksi, LTC jauh lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 2,5 menit. Cara kerja Litecoin 

    Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

    Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.

    Cara kerja Litecoin 

    Cara kerja Litecoin tidak jauh berbeda dengan cryptocurrency pada umumnya yaitu melalui penambangan atau mining. Artinya, kamu bisa mendapatkan LTC setelah melalui proses mining. Penambangan dikatakan dapat memecahkan masalah matematika rumit yang akan dibayar dengan koin tertentu.

    Untuk menyelesaikan soal-soal matematika tersebut tentunya menggunakan komputer yang telah terinstal software khusus di dalamnya. Kamu bisa bekerja sendiri untuk proses penambangan ini, atau kamu juga bisa bekerja secara team.

    Sederhananya, Litecoin bekerja dengan cara yang sama seperti mata uang tradisional. Karena kamu harus memiliki akun untuk menyimpan crypto yang kamu peroleh. Selain itu tentunya bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dan transfer ke rekening lain. 

    Bedanya, dilakukan secara online, bukan offline. Ingatlah bahwa LTC dan mata uang crypto lainnya tidak dikeluarkan oleh badan khusus pemerintah. Artinya ada banyak uang, berbeda dengan uang yang menciptakan periode uang baru dengan cara yang berbeda. 

    Litecoin hanya 84 juta LTC yang beredar, tidak bisa lebih. Alhasil, setiap orang dapat membuat propertinya sendiri sesuka mereka tanpa batasan apa pun. Namun tentunya tergantung dari modal yang dimiliki, karena tidak mungkin membeli semuanya. 

    Pada umumnya perusahaan besar memiliki aset mencapai lebih dari 10% dari total pendapatan SLD yang beredar. Dalam 2,5 menit, jaringan Litecoin membuat blok yang menandai awal peluncurannya. Dari blok inilah proses pengumpulan dimulai, kamu dapat menontonnya dan penambang lain untuk mendapatkannya.

    Kamu akan menggunakan komputer untuk melalui proses penambangan untuk menyelesaikan soal matematika yang diberikan. Pertama-tama, kamu harus memeriksanya terlebih dahulu, kemudian daftar jaringan baru akan muncul setelah 2,5 menit berikutnya. 

    Berbeda dengan Bitcoin yang menggunakan protokol SHA 256, Litecoin menggunakan enkripsi Scrypt yang dianggap lebih aman.

    Cara mendapatkan Litecoin dengan cepat 

    Jika diatas telah diterangkan apa itu Litecoin atau LTC dan cara kerja LTC maka pembahasan selanjutnya adalah bagaimana memperoleh LTC dengan cepat. Hal ini tentu menjadi informasi yang sangat penting agar kamu tidak mengalami resiko kerugian.

    Secara umum, tidak berbeda dengan jenis cryptocurrency lainnya. Kamu bisa mendapatkannya dengan menambang, menukarnya dengan koin lain, atau membelinya di pasar cryptocurrency.

    Mining atau Penambangan 

    Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan Litecoin dengan cepat adalah melalui Mining atau Menambang. Cara ini paling sering digunakan meskipun sangat sulit. Memang bukan cara tercepat, tapi modal yang dibutuhkan tidak besar. Proses penambangan membutuhkan perangkat PC dan software pendukung.

    Jika kamu tidak memiliki perangkat lunak yang dimaksud, silakan sewa. Ada tiga jenis penambang yang ditemui, yaitu Solo Mining, Pool Mining, dan Cloud Mining. Solo Mining mengelola operasi penambangannya sendiri. Sementara itu, mining pool bekerja sama dengan pihak lain di Cloud Mining untuk menyewa resource untuk mining.

    Dari faucet

    Kemudian melalui faucet yang disediakan oleh banyak situs web. Cara ini tidak membutuhkan biaya yang banyak seperti cara pertama, karena kamu tidak perlu menyediakan alat perakitan khusus. Namun, beberapa merasa tidak efektif karena memakan waktu terlalu banyak. 

    Beli di pasar cryptocurrency 

    Kamu dapat yakin bahwa cara tercepat untuk mendapatkan Litecoin adalah dengan membelinya. Proses ini membutuhkan banyak uang tergantung pada berapa banyak koin yang kamu inginkan. Kamu bisa pergi ke banyak pasar, tapi pastikan mereka terdaftar di badan resmi BAPPEBTI.

    Inilah yang dapat kami katakan tentang salah satu aset crypto yang dianggap lebih baik daripada banyak koin digital lainnya. Meskipun cocok sebagai opsi dasar, akan lebih baik jika kamu tidak menginvestasikan semua aset di Litecoin. Untuk mengantisipasi kerugian, lebih baik berinvestasi di koin digital lainnya.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top