• Berita Terkini

    Jumat, 26 Mei 2023

    Pendaftaran Komisioner Bawaslu Kabupaten Sudah Dibuka, Berikut Persyaratannya


    KEBUMEN  (kebumenekspres.com)-- Setelah terbentuk, tim seleksi calon komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota Jawa Tengah wilayah zona V yang meliputi Kabupaten Kebumen, Magelang, Kota Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Purworejo gencar melakukan sosialisasi penjaringan calon anggota Bawaslu Kabupaten.



    Sekertaris Tim Seleksi Zona V Magelang, Jamal Darwanto mengajak, kepada warga Kebumen yang sudah cukup umur, dan mememuhi syarat yang ditentukan untuk tak segan mendaftarkan diri sebagai calon anggota bawaslu kabupaten/kota. Ia menyebut semua warga Kebumen punya hak dan kesempatan yang sama.



    "Saat ini sudah masuk tahap sosialisasi dan pengumuman pendaftaran calon anggota komisioner Bawaslu kabupaten/kota. Jadi mari siapapun warga negara yang mempunyai syarat yang telah ditentukan untuk segera mendaftarkan diri menjadi bagian dari penyelenggara pemilu," ujar Jamal.



    Sosialisasi ini diikuti oleh sejumlah organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan, baik dari kalangan NU, Muhammadiyah, KNPI, serta organisasi, dengan harapan informasi penerimaan komisioner Bawaslu kanupaten/kota bisa tersampaikan dengan baik. 



    "Seleksi ini juga bagian dari upaya kami melahirkan penyelenggara Pemilu yang berintegritas," ucapnya.



    Anggota timsel lain, Andi Said menambahkan, pada rekrutmen ini, pihaknya sangat mengharapkan keterwakilan perempuan bisa mencapai 30 persen. Pihaknya bahkan bakal memperpanjang masa pendaftaran, jika keterwakilan perempuan belum mencukupi.



    “Dalam perekrutan ini kebutuhan keterwakilan perempuan sangat diutamakan, sebab dalam undang-undang diperintahkan untuk memperhatikan 30% perempuan. Dan kepada masyarakat Jawa Tengah yang masuk zona V diharapkan bisa ikut dalam perekrutan ini, sebab kesempatan menjadi anggota bawaslu semua punya hak yang sama,” katanya.



    Pihaknya memastikan bahwa seluruh proses rekrutmen ini bersifat transparan. Karena tes seleksi ini juga menggunakan sistem CAT yang nilainya bisa dilihat secara langsung. Untuk itu, bagi para calon komioner Bawaslu untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan belajar yang tekun. 



    "Kalau punya pengalaman di kepemiluan baik sebagai PPS, KPPS, Panwascam, PPK bisa dicantumkan di profil. Tentunya ini bisa dijadikan bahwa evaluasi bagi Timsel dalam proses penjaringan ini," ucapnya.



    Lebih lanjut, Andi menyatakan, Timsel sebenarnya hanya bertugas sebagai fasilitator yang memfasilitasi pelaksanaan penjaringan calon anggota Bawaslu di daerah. “Jadi kita tidak punya kewenangan untuk otak-atik nilai,” tuturnya.



    Dalam sosialisasi penjaringan tersebut, juga menjelaskan mengenai jadwal tahapan penjaringan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah untuk zona V



    Penerimaan pendaftaran bakal calon bawaslu kabupaten/kota pada 29 Mei – 7 Juni 2023, perbaikan berkas persyaratan pada 8-10 Juni 2023, pengumuman masa perpanjangan dilakukan 12 Juni 2023.



    Kemudian perpanjangan masa pendaftaran pada 13 – 15 Juni, penelitian dan verifikasi berkas 16 – 19 Juni 2023, tes tulis calon anggota bawaslu pada 21 – 23 Juni 2023, tes psikologi pada 26 – 28 Juni 2023, pengumuman lulus tes tertulis dan tes psikologi pada 3 Juli 2023, masukan dan tanggapan masyarakat pada 20 Juni – 7 Juli 2023.



    Kemudian tes kesehatan calon anggota bawaslu kabupaten/kota dilakukan pada 4 – 6 Juli 2023, tes wawancara calon anggota pada 7 – 12 Juli 2023, pleno tim seleksi pada 13 – 14 Juli 2023, dan pengumuman hasil tes kesehatan dan tes wawancara pada 17 Juli 2023.



    Beberapa salah satu syaratnya adalah usia minimal 30 tahun, sekolah minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai politik, tidak masuk dalam kepengurusan ormas apapun, sehat jasmani dan rohani. Bagi yang berminat mendaftar berkas lamaran bisa langsung dikirim ke sekretariat timsel Bawaslu Zona V di Magelang. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top