• Berita Terkini

    Kamis, 25 Mei 2023

    Hasim Asngari Terpilih Pimpin Pergunu Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Cabang Kebumen menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) untuk memilih Ketua dan pembentukan Jajaran Kepengurusan periode 2023-2028. Dalam kesempatan tersebut, Hasyim Asngari terpilih menjadi Ketua Pergunu Cabang Kabupaten Kebumen. 


    Konfercab dengan mengangkat tema “Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa” berlangsung di Auditorium SMK Ma'arif 1 Kebumen, Kamis (25/5/2023). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar, Ketua Pergunu Periode 2018-2023 Muhammad Solahudin S PdI M Pd, Ketua Terpilih Pergunu 2023-2028 Hasim Asngari M Pd, Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Ahmad Nawawi dan juga Rektor UMNU Kabupaten Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI, serta Perwakilan dari PAC Pergunu Kebumen. 


    Ketua Pergunu Periode 2018-2023 Muhammad Solahudin S PdI M Pd  menuturkan Pergunu merupakan organisasi guru dari kalangan Nahdlatul Ulama. Ini telah lama terbentuk sejak tahun 1952 silam oleh KH Abdul Halim pada saat itu. Namun dalam perjalanannya, organisasi tersebut tidak mengalami perkembangan yang berarti, karena adanya politik kekuasaan. 


    Setelah sempat mati suri selama puluhan tahun, akhirnya Pergunu bisa kembali eksis, setelah dibangkitkan kembali oleh Putra pendirinya yakni  Prof Dr KH Asep Syarifudin Chalim pada tahun 2012. Dimana di Kebumen sendiri, kini telah memiliki keanggotaan sebanyak 700 orang dari kalangan guru, ustad, dan juga para dosen, termasuk juga pengasuh pondok pesantren. 


    “Pergunu kini seperti organisasi baru, walaupun sebelumnya Pergunu sendiri terbentuk pada tahun 1952 oleh  Almagfurlah Simbah KH Abdul Halim. Namun karena  ada persoalan politik kekuasaan pada saat itu,  Pergunu baru bisa bangkit tahun 2012 yang di bangkitkan lagi oleh Putra KH Abdul Halim sendiri yaitu Romo Kyai Asep Saiful Alim,” tuturnya. 

    Pada Kepengurusan Pergunu era kepemimpinannya, yakni tahun pertama 2018, belum bisa menyelesaikan pembentukan Pengurus Anak Cabang (PAC). Ini salah satunya lantaran harus berhadapan dengan wabah Pandemi Covid 19. Sehingga, secara otomatis, kegiatan yang telah direncanakan terhenti total. 


    Akhirnya, Kepengurusan Pergunu kala itu membuat kegiatan yang sifatnya monumental, dan bisa mengangkat Pergunu ke Permukaan, meskipun dalam situasi sulit karena pandemi. Dimana saat itu di level Kabupaten Pergunu telah menyelenggarakan seminar internasional maupun seminar nasional. 


    Termasuk juga pembentukan koperasi yang arahnya untuk kesejahteraan para Guru Nahdlatul Ulama. Akan tetapi, beberapa program tersebut dirasa belum maksimal. Harapan, kepengurusan yang baru ini bisa melanjutkan program tersebut, dan menyemarakkan kembali program-program yang belum terlaksana. 

    Sementara itu Ketua terpilih Pergunu Periode 2023-2028 Hasim Asngari MPd menyampaikan akan bersama sama anggota lainnya untuk memajukan Pergunu di Kebumen. Terutama, untuk melanjutkan program dari kepengurusan sebelumnya. 


    Menurutnya, permasalahan pendiridikat saat ini adalah kesejahteraan para guru, terutamanya di sekolah-sekolah swasta. Mudah mudahan, dengan kepengurusan Pergunu yang baru ini bisa meningkatkan kesejahteraan para guru. 

    “Mudah mudahan ke depan Pengurus Pergunu lebih bisa meningkatkan kesejahteraan para guru,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top