• Berita Terkini

    Jumat, 12 Mei 2023

    Ganjar Buka Pameran Produk UMKM Terbesar di Jateng, Disambut Ratusan Penari Lengger dan Ebeg


    BANYUMAS - Ratusan penari Lengger dan Ebeg memadati Jalan Prof Dr Suharso Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (12/5/2023). Mereka rela berpanas-panasan di jalan raya, demi menyambut kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

    Para penari Lengger dan Ebeg itu merupakan pelajar SMP dan SMA sederajat di Banyumas. Mereka tampak lincah menari sambil diiringi musik calung dan musik khas Lengger saat menyambut Ganjar

    Ketika Ganjar tiba di lokasi, suasana mendadak berubah menjadi heboh. Ganjar yang menaiki mobil VW safari berwarna oranye, langsung disambut ratusan penari. Ribuan masyarakat yang ada di pinggir jalan juga ikut merangsek mendekati Ganjar untuk mengajak foto bersama.

    "Pak Ganjar, nyong pengen foto Pak. Pak Ganjar ganteng tenan," teriak warga.

    Ganjar hadir di Purwokerto untuk membuka acara Koperasi dan UMKM Ekspo 2023 di GOR Satria Purwokerto. Didampingi Bupati Banyumas dan jajaran Forkompimda termasuk BI dan OJK, Ganjar membuka acara tahunan pameran produk UMKM terbesar di Jawa Tengah itu.

    Acara KUMKM 2023 diikuti ratusan pelaku UMKM. Mereka menjajakan beragam produk, mulai produk makanan, handycraft, dan berbagai produk fashion.

    Dalam acara itu, juga ada peragaan busana dari para model professional yang mengenakan busana karya pelaku UMKM lokal. Istri Ganjar, Siti Atikoh dan istri Bupati Banyumas juga ikut hadir memeriahkan acara. Keduanya tampil mengenakan busana yang menawan karya perancang lokal Banyumasan.

    "Iya, ini event tahunan ya, yang kami buat untuk teman-teman UMKM di Jateng. Mudah-mudahan bisa menjadi ajang teman-teman UMKM untuk promosi, mengenalkan, bertemu antara pembeli dan penjual secara langsung," kata Ganjar.

    Dari kegiatan ini, diharpakan produk UMKM Jateng yang dipamerkan menjadi semakin banyak. Selain itu, diharapkan akan semakin banyak transaksi dan repeat order, termasuk menyasar hingga pasar luar negeri.

    "Tadi ada yang bisa ekspor. Kami juga menandatangani kerjasama dengan pihak luar negeri. Jadi kalau UMKM kita bisa go international, maka akan menginspirasi pelaku UMKM lain agar bisa maju seperti mereka," jelasnya.

    Ganjar juga mengapresiasi pihak panitia yang meramaikan acara dengan menggelar pawai seni budaya. Menurutnya, event semacam itu sangat bagus untuk menarik minat masyarakat untuk hadir dan meramaikan acara.

    "Dan ternyata masyarakat antusias. Mereka menunggu pawai di jalanan. Sepertinya masyarakat memang rindu event-event semacam ini. Selalu saja, kalau acara di Banyumas Raya, acaranya ramai. Mudah-mudahan bisa menghibur," pungkasnya.(*/rls/wil)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top