• Berita Terkini

    Kamis, 25 Mei 2023

    Ganjar Bantu Percepatan Penanganan Jalan Amblas di Banjarnegara-Kebumen

     


    BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun tangan membantu warga Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara yang mengalami musibah tanah longsor dan mengakibatkan akses jalan amblas.


    Didampingi Kepala Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya, Hanung Triyanto, Ganjar disambut sorak sorai warga desa yang telah menunggu di sepanjang jalan. Jalan yang amblas berjarak sekitar 50 meter dari pemukiman warga.


    Dari penuturan warga dan anggota BPBD Banjarnegara, jalan tersebut amblas sedalam dua meter pada Minggu (7/5/2023) usai hujan deras semalaman. Satu rumah yang berdiri di lahan tersebut pun terdampak. Kini, akses jalan itu terbatas hanya untuk kendaraan roda dua.


    “Sudah ditangani sementara oleh pemkab, selebihnya kami akan siapkan desainnya. Sementara ini kami mau ajukan ke BNPB, karena ini sifatnya bencana,” tutur Ganjar usai meninjau lokasi, Rabu (24/5/2023) sore.


    Peninjauan dilakukan Ganjar dalam upaya percepatan penanganan. Melalui dinas terkait, Ganjar membantu menyurvei kondisi, mendesain dan pembebasan lahannya.


    “Harus mendesain, kalau ini kebetulan sebelah kirinya ada tanah punya Pak Kadus, ini kami negosiasikan. Kalau ini bisa belok ke sana, rasanya lebih gampang (desainnya),” katanya.


    Gubernur Jateng dua periode itu mengatakan, dalam proses desain ulang jalan pengujian tanah harus dilakukan. Sebab di bawah jalan amblas yang merupakan jalan alternatif Banjarnegara-Kebumen itu terindikasi aliran mata air.


    “Soiling test-nya mesti dilakukan, di bawah (tanah/lahan) itu ada indikasi ada airnya, maka tadi secara keteknisan itu mesti dibuatkan tempat untuk air itu bisa mengalir. Kalau itu bisa dilakukan bagus, kan area ini area yang luar biasa terjal dan tadi dari BPBD juga sudah menghitung ternyata ini area patahan yang di belakang itu juga sudah jurang,” jelasnya.


    Di sisi lain, Ganjar juga mengimbau kepada warga yang masih menggunakan jalan tersebut untuk hati-hati. Apalagi, saat ini penanganan baru sebatas tanggul sementara dengan penahan dari sak pasir.


    “Jadi memang kita konstruksinya mesti hati-hati betul, nah saya ingatkan karena tadi ada laporan dari Kades kalau ada mobil ke sana naik nggak kuat, ya bisa dibatasi, kan ada dua desa di sana yang butuh ada suplai-suplai. Kalau kemudian ada kendaraannya tidak bisa lewat ya mesti disediakan kendaraan yang mampu lewat. Umpama yang 4wheel-drive, sehingga kalau bisa naik ke sana insyaallah aman. Tapi tindakan daruratnya udah bagus,” tandas Ganjar.(rls)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top