• Berita Terkini

    Senin, 08 Mei 2023

    Bisa Raup Jutaan Perminggu, Jambu Kristal Tolong Petani Puring


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Jambu Kristal dengan nama Latin Psidium Guazava, menjadi salah satu hasil pertanian di Kebumen. Para petani semakin menggemari menanam jambu tersebut, karena berbuahnya tidak mengenal musim. Selain itu juga bisa dipanen setiap minggu. 


    Terlebih harga jual jambu ini juga relatif stabil yakni di harga Rp 5 ribu perkilogramnya. Biasanya dalam satu kilo berisi antara tiga buah jambu kristal. Karena buahnya memang besar-besar. Jambu Kristal juga sangat disukai di pasaran karena memiliki rasa yang manis dan tekstur buah renyah dan hampir tidak memiliki biji.

    Salah seorang petani jambu Kristal asal Desa Kaleng Kecamatan Puring Dede Adi yang sudah dua tahun menekuni budidaya jambi kristal menuturkan dilahan seluas 1.400 meter persegi dirinya mampu panen dua kali dalam seminggu. Ini dengan hasil 60 sampai 70 kilogram setiap panen. Hasil pemetikan jambu kristal tersebut biasanya dibeli oleh pengepul dan bisa menghasilkan Rp 3 juta rupiah setiap bulanannya. 


    “Jambu kristal ini setiap minggu bisa dua kali panen. Biasanya setiap panenan antara 60 sampai 70 kilogram dan langsung diambil oleh pengepul. Kalau harga stabil kisaran Rp 5 ribu per kilogramnya," ujarnya Senin (8/5/2023).


    Menurutnya, pohon jambu kristal sangatlah mudah untuk dibudidayakan oleh petani. Dimana dari awal penanaman hingga berbuah memerlukan waktu hingga tujuh bulan. Selain itu, pohon jambu kristal dikenal memiliki akar yang kuat, sehingga tidak mudah mati apabila terkena banjir. 


    Bahkan usai berbuah, jambu kristal ini bisa terus dipanen setiap minggu karena memang tanaman buah ini tidak mengenal musim. Hanya saja petani harus memperhatikan pertumbuhannya, terutama daun agar tetap hijau dan menghasilkan buah yang berkualitas.  Sedangkan untuk pemupukan, hanya menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. 


    Hanya saja kendala yang dihadapi dalam budidaya Jambu Kristal ini adalah hama lalat buah dan juga kupu kupu. Biasanya untuk menghindari itu, para petani membungkus jambu kristal dengan plastik, agar hama tidak bisa masuk dan merusak buah. “Kalau menanam jambu ini relatif mudah. Ini tergantung kita rajin-rajin untuk merawat,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top