• Berita Terkini

    Kamis, 09 Maret 2023

    Seribu Jurus Bupati Pimpin ASN di Kebumen


    Tekankan Pentingnya Aspek spiritual, Ajak ASN Biasakan Sholat Dhuha Sebelum Bekerja



    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto punya banyak cara "unik" dalam menjalankan tugasnya sebagai orang nomor 1 di Kebumen. Seperti yang satu ini yang jarang diketahui banyak orang. Apakah itu?

    -------------------------

    A SAEFURROHMAN, Kebumen

    -------------------------

    BUPATI Arif ternyata punya kebiasaan mengerjakan Sholat Dhuha sebelum melakukan aktifitas.   Ibadah sholat sunnah dua rakaat itu biasa dilakukan Bupati Kebumen sejak masih remaja.


    Kebiasan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto melaksanakan ibadah Sholat Sunnah Dhuha ini biasa dikerjakan tanpa memandang tempat. Beberapa kali dijumpai Bupati Kebumen melaksanakan sholat dhuha di saat sela-sela aktivitasnya. 

    Bahkan Bupati sering melaksanakan ibadah sholat sunah dua rokaat ini di tempat sholat rumah makan dan hingga mushola pantai. Seperti baru lalu, Bupati menunaikan shalat Dhuha di Mushola Pantai Pedalen Kecamatan Ayah


    Hal ini ia lakukan usai kegiatan sisir pantai dan pemantauan aktivitas nelayan. Di sela agenda itu,  Bupati Arif menyempatkan mampir dan melaksanakan Sholat Dhuha di Mushola kecil di antara jejeran perahu nelayan.


    Dari kebiasaan itulah Bupati Arif Sugiyanto mengajak para ASN dan pegawai di lingkup Pemkab Kebumen melalui Surat Edaran (SE) No 451 untuk melaksanakan sholat dhuha.


    Bupat Arif mengatakan, himbauan itu untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan bagi para karyawan dan ASN, sehingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan karakter islami dan religius. "Dalam bekerja aspek spiritual sangat penting, sebab semakin tinggi tingkat spiritual seseorang semakin baik perilakunya," ujarnya.


    Tak hanya itu, Bupati menambahkan, dengan menerapkan spiritualitas dalam melaksanakan pekerjaan diharapkan semakin bagus dalam tingkat pelaksanaan pekerjaan."Insya Alloh saat kita rajin mengerjakan Sholat Dhuha kita akan dimudahkan segala pekerjaan dan urusan," katanya.

    Lebih lanjut, dalam pekerjaan tidak hanya dibutuhkan kepintaran dan kecerdasan, namun aspek spiritual menyangkut kejujuran, kesopanan, ketekunan dan menumbuhkan perilaku dan attitude yang baik.

    "Orang yang memiliki keseimbangan dimensi intelektual dan spiritual akan punya konsistensi dan terjaga semangatnya dalam melaksanakan tugas dan mengemban amanah,"tambahnya. Dalam surat edaran itu, Sholat Dhuha setidaknya dilakukan selepas apel pagi sebelum melaksanakan pekerjaan. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top