• Berita Terkini

    Kamis, 02 Februari 2023

    Dosen UPB Gelar Sertifikasi Bersama LSP MSDM Unggul Indonesia


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Guna meningkatkan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki, Univeristas Putra Bangsa (UPB) Kebumen menggelar sertifikasi dosen dan para staf manajemen. Pengujian sendiri dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Managemen Sumber Daya Manusia (LSP MSDM) Unggul Indonesia. 


    Sertifikasi tersebut berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 30 orang dosen dan staf karyawan UPB di Aula Gedung Perpustakaan UPB Kebumen, Kamis (2/2/2023). Kegiatan tersebut implementasi dari Permenaker 115 tahun 2022 tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. 


    LSP MSDM Unggul Indonesia sendiri mengirim tiga team Assesor untuk memberikan penilaian kepada dosen dan Staf UPB. Dimana hasilnya adalah kompeten dan tidak kompeten, disesuaikan dari hasil wawancara dan juga pemeriksaan berkas. 


    Ketua Yayasan Universitas Putra Bangsa H Slamet Ahmadi MM menuturkan ini adalah proses assesment untuk sertifikasi kompetensi  para dosen dan staf di Universitas Putra Bangsa. Tidak lain tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para dosen dan juga staf karyawan UPB, dalam bidang manajemen sumber daya manusia. 


    Hal ini penting, sebab kampus akan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas ketika dosen dan stafnya juga berkualitas. Tanpa terus menerus diupayakan peningkatan kualitas dosen maka relatif kemampuan dosen dalam mendidik mahasiswa juga kurang, sehingga UPB terus menerus melakukan peningkatan kualitas. 


    “Ada 11  dosen yang mengikuti delapan sudah selesai. Jadi nanti akan kurang lebih 20 dosen yang bergelar doktor. Sekedar kuliah S3 saja bagi kami belum cukup. Karena harus belajar tentang kompetensi berkaitan dengan dunia kerja dan dunia industri, jadi untuk  me link and match antara konsep yang diberikan oleh kampus dan implementasikan yang di lakukan di dunia industri," ujarnya. 


    Untuk peningkatan kapasitas Dosen dan juga staf, lanjutnya, UPB telah bekerjasama dengan dua perusahaan yakni PT Integrity,  dan juga PT Indofood Sukses Makmur. Sedangkan kemarin, sudah diberikan pelatihan dengan narasumber dari pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jateng, dan narasumber tersebut sudah berpengalaman 30 tahun sebagai pelaku di dunia usaha dan dunia industri.


    Kemudian untuk team Assesor yang memberikan penilaian peningkatan kapasitas dosen dan karyawan, UPB bekerjasama dengan LSP MSDM Unggul Indonesia. Dibawah pembinaan dari Dr Sri Lestari Prasilowati MA. 


    “Kami bekerjasama dengan dua PT. Pertama dari PT Integrity,  kemarin mengambil narasumber dari pengurus Kadin jateng yang dia sudah berpengalaman 30 tahun sebagai pelaku di dunia usaha dan dunia industri dia dari Indofood sukses makmur. Kemudian untuk Assesor kami ambil dari sertifikasi LSP Lembaga Sertifikasi Indonesia Unggul, yang kebetulan ketua pembinaannya adalah Dr Sri Lestari Prasilowati,” paparnya. 


    Sementara itu Dr Sri Lestari Prasilowati MA menjelaskan penyelenggaraan uji kompetensi dari LSP MSDM Unggul Indonesia adalah yang pertama digelar di Kebumen bekerjasama dengan Kampus Univeristas Putra Bangsa. Dimana uji kompetensi ini, dengan skema staf dan manager SDM yang ada di UPB Kebumen. 


    Sementara itu seorang team Assesor Dr  Suyanto SE  MM  Mak  Ak menambahkan ada beberapa Lembaga sertifikasi profesi yang berlaku di Indonesia. Ini diantaranya adalah  LSP P1 yang berlaku di lingkungan kampus. Dalam artian mahasiswa, dapat dinilai melalui LSP bidang SDM, seperti halnya di bidang keuangan, pemasaran, kewirausahaan, tekhnik dan lain sebagainya. 

    Melalui sertifikasi ini yang diharapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti, lulusan dari Perguruan Tinggi akan memiliki  Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Jadi mahasiswa ini nantinya todak hanya cukup dengan memiliki Ijazah dan juga transkrip nilai saja, namun kompetensi nya ditunjukkan dengan pengakuan, dari lembaga sertifikasi profesi. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top