• Berita Terkini

    Minggu, 22 Januari 2023

    Pengrajin Seboro Dapat Bantuan 5 Mesin Tenun


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan hibah bantuan alat tenun bukan mesin (ATBM) sebanyak lima unit dan bahan produksi sebanyak lima paket kepada perkumpulan tenun Kartinesia Jaya di Dukuh Jojogan, Desa Seboro Kecamatan Sadang.


    Bantuan diserahkan, Jumat (20/1/2023). Di saat bersamaan, dilaksanakan pembinaan oleh Ketua TP PKK Kab Kebumen Iin Windarti Sugiyanto. Juga diserahkan sertifikat tanah kepada masyarakat secara simbolis. Selain itu, digelar pelatihan rias pengantin bagi ibu-ibu PKK dan remaja putri


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam keterangannya yang dibacakan Kepala Disperindag KUKM Frans Haidar mengatakan, bantuan diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah mendukung kemajuan UMKM Kebumen dalam hal ini para pengrajin kain tenun agar produksinya meningkat.


    "Sejak awal kita melihat ini adalah potensi dari masyarakat Kebumen yang cukup bagus dikembangkan. Kalau dulu kita mengenal kain tenun adanya di Indonesia Timur, sekarang di Kebumen pun sudah ada, banyak yang produksi. Jadi harus kita dorong agar tambah maju," ujar Bupati.


    Bupati bersyukur dengan adanya pembuatan tenun di Desa Seboro, kaum perempuan yang sebelumnya tidak memiliki aktivitas produktif setiap harinya, saat ini dapat melakukan kegiatan yang positif dan produktif. Adanya pengrajin tenun juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.


    "Kita tahu Desa Seboro di Kecamatan Sadang ini termasuk wilayah termiskin, sehingga sejumlah bantuan juga kita pusatkan ke wilayah kemiskinan ekstrem, dengan harapan bisa meningkatkan lagi kesejahteraan masyarakat di sana," ucapnya.


    Diketahui, salah satu pemuda yang bergerak di usaha pembuatan tenun tersebut merupakan pemuda asli Desa Seboro, Nanang Setiawan. Ia tergerak hatinya untuk memindahkan sebagian ATBM yang dimilikinya di Jepara dibawa ke Kebumen dan melatih para ibu-ibu muda dan remaja putri belajar membuat tenun, dan berhasil.

    "Beberapa kali produksi tenun Desa Seboro juga diikutsertakan dalam pameran-pameran yang dilaksanakan oleh Pemkab, baik pameran lokal, regional, dan nasional," tandasnya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top