• Berita Terkini

    Senin, 30 Januari 2023

    Penggalangan Bulan Dana PMI Kebumen Tahun 2022 Tembus Rp 1,5 Miliar


    KEBUMEN(kebumeneskpres.com)- Bulan Dana PMI tahun 2022, berhasil menggalang dana Rp 1,5 miliar. Dari jumlah itu, 700 juta diantaranya berasal dari para ASN di lingkungan Pemkab Kebumen.


    Hal itu terungkap dalam kegiatan serah terima Bulan Dana PMI tahun 2022 yang digelar di Pendopo Kabumian, Senin (30/1/2023). Tampak menyerahkan dana itu Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan diterima Ketua PMI Sabar Irianto. Di saat bersamaann, digelar Musyawarah Kerja PMI Kebumen Tahun 2023. Hadir, Ketua PMI Jawa Tengah Sarwa Pramana, Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti, jajaran forkopimda, serta PMI kecamatan se-Kabupaten Kebumen.


    Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto mengatakan sangat mengapresiasi semua pihak yang telah membantu tercapainya dana kemanusiaan sejumlah Rp 1,5 miliar tersebut. Sejauh ini, pihaknya terus berupaya meningkatkan dana kemanusiaan ini agar dapat memberi manfaat lebih luas kepada masyarakat.  


    "Kami terus mengupayakan agar dana PMI bisa meningkat. Salah satu upayanya dengan berkolaborasi dengan OPD khususnya bagi ASN di mana mulai November 2022 menggunakan aplikasi. Dan dari ASN kita mendapatkan sekitar Rp 700 juta, " katanya.


    Selanjutnya, Sabar mengatakan akan terus mengoptimalkan PMI agar dapat memberikan layanan terbaik di bidang kemanusiaan. "Kami selalu 24 jam, posko kami selalu buka 24 jam untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan-pelayanan kemanusiaan seperti ambulance, Pelayanan PP Event, bencana dimanapun kami siap 24 jam," ujar Sabar.

    Di tempat yang sama, Bupati Arif mengatakan, pengumpulan bulan dana PMI bukan hal yang mudah untuk diraih. Menurutnya, perlu ada edukasi untuk melihat seperti apa bentuk kemanusiaan tersebut.


    "Terkait bulan dana PMI, untuk seluruh stakeholder agar bersatu padu membantu karena bulan dana ini betul-betul dibutuhkan untuk kemanusiaan,” kata Bupati yang juga Ketua Panitia Bulan Dana PMI saat memberikan sambutan.

    Bupati menjelaskan, dari tahun ke tahun perolehan bulan dana PMI Kebumen terus meningkat. Pada awal kepemimpinan Sabar Irianto Bulan PMI hanya mendapat sekitar Rp 400 juta, hingga saat ini telah mencapai Rp 1,5 miliar. 


    "Ini menandakan lonjakan 300 kali lipat lebih besar, ini merupakan apresiasi yang besar untuk PMI Kebumen. Artinya PMI terus mengembangkan aksi-aksi kemanusiaannya, seperti tadi kita dengar bersama laporan Pak Sabar bahwa PMI mampu mengatasi relokasi rumah Rp 20 juta. Jika hasil perolehan bulan dana kian meningkat maka disinilah peran PMI terus dikembangkan untuk kemanusiaan," kata Bupati.

    Sementara itu, Ketua PMI Provinsi jateng, Sarwa Pramana, berharap hasil bulan dana PMI Kebumen tahun 2022 dapat menopang program kerja yang akan direalisasikan tahun 2023 sesuai dengan hasil sidang musyawarah kerja.  (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top