• Berita Terkini

    Minggu, 01 Januari 2023

    Pelari Asal Kenya Juara Kebumen Beach Half Marathon


    KEBUMEN Akun Palsu Marak- Sebanyak 5.033 peserta ikut ambil bagian dalam even olahraga bertajuk "Kebumen Beach Half Marathon" yang berlangsung di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Sabtu (31/12/2022). 


    Gelaran ini tak hanya diikuti atlet Kebumen dan luar daerah. Termasuk atlet asal  Kenya, Afrika, Samson. Samson bahkan tampil sebagai juara 1 untuk kategori lari pantai marathon 21 Km. Ia berhak mendapat hadiah sebesar Rp3 juta, serta piagam penghargaan, dan medali.


    Saat ditemui awak media, Samsons mengatakan, dirinya sudah ratusan kali mengikuti turnamen lari marathon, namun menurutnya rute Kebumen Beach Half Marathon ini sangat indah, dengan rute menyusuri hutan cemara laut dan hamparan pasir pesisir selatan ini dinilai cukup menantang.


    "Baru pertama kali ini mencoba jalur pantai, namun sangat memuaskan selain indah melewati hutan dan semak-semak, rute yang berat ada di antara pasir pantai, saya sempat kesulitan untuk menambah kecepatan lari," kata Samsons dengan bahasa indonesia sembari mengatakan ia sudah tinggal di indonesia selama dua tahun.

    Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto SH yang melepas kegiatan lari maraton sekaligus memberikan hadiah langsung menyampaikan selamat dan terima kasih kepada para pemenang dan seluruh peserta yang sudah mengikuti lomba lari pantai maraton hingga selesai. Ia bersyukur kegiatan berlangsung dengan lancar.


    "Saya ucapkan selamat kepada salah satu peserta kita dari Kenya, Samson, jauh dari Afrika jadi juara satu. Ini luar biasa, terima kasih sudah ikut meramaikan kegiatan ini, terima kasih juga kepada seluruh peserta yang sudah ikut meramaikan, dan panitia yang menyiapkan acara ini. Kita bersyukur acara berlangsung lancar, cuaca mendukung," terang Bupati. 

    Dengan diadakan kegiatan ini, Bupati menyatakan telah mampu menggerakan perekonomian masyarakat. Dilihat dari banyaknya pedagang kecil yang berjualan. Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mempromosikan wisata Kebumen di sepanjang pesisir selatan.


    "Dengan adanya kegiatan ini secara otomatis ada multi efek yang ditimbulkan, banyak pedagang kecil yang ikut merasakan dampaknya, tukang parkir juga jadi punya penghasilan, wisata Kebumen juga jadi ramai, bahkan banyak warga yang menyediakan homestay untuk para peserta, maka ekonomi pun semakin bergerak maju," ujarnya.

    Diketahui Kebumen Beach Half Marathon merupakan rangkaian dari kegiatan Kebumen Mendegam di akhir tahun. Selain lari, Kebumen Mendegam juga menghadirkan artis papan atas yakni Slank dan Happy Asmara. Mereka manggung di Alun-alun Kebumen untuk menghibur masyarakat dari berbagai daerah.


    "Ini merupakan rangkaian dari Kebumen Mendegam dimana tadi malam (kemarin) sudah ada penampilan konser Happy Asmara di alun-alun Kebumen, kemudian nanti malam bertepatan pada pergantian tahun baru ada penampilan konser Slank. Tentu kegiatan ini juga bisa mengeliatkan lagi perekonomian masyarakat," jelasnya.


    Sebagai informasi Kebumen Beach Half Marathon kelas master kategori 21K juara 1 Samson dari Kenya, juara 2 Ranto dari Banyumas, juara 3 Irwandi Fokatea dari Maluku utara. Adapun kategori 10 K, juara 1 Fridolin Abraham Nomleni, dari Kupang NTT, juara 2 Wartono dari Blora, dan juara 3 Achmad Badriyanto dari Magelang. 

    Menariknya, semua peserta dari seluruh kategori berkesempatan mendapat doorprize dengan berbagai macam hadiah, seperti sepeda ontel, sepeda motor, kulkas, kipas angin, kompok, dll. Serta doorprize utamanya yakni satu unit mobil listrik.  (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top