• Berita Terkini

    Minggu, 29 Januari 2023

    Ngopi Bareng Jadi Cara Lurah Kebumen Serap Keluh Kesah Warga

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Guna mendengarkan permasalahan masyarakat di wilayahnya, Lurah/Kecamatan Kebumen Juniadi Prasetyo SE gelar program “Ngopi Bareng Lurah”. Kegiatan tersebut dikemas santai, bersama dengan masyarakat yang diadakan setiap bulan sekali. 


    Masyarakat yang datang bisa menyampaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi di lingkungan mereka. Forum tersebut juga untuk saling berembug, agar permasalahan tersebut bisa diselesaikan. Kegiatan sendiri digelar di Aula Kelurahan Kebumen, Sabtu (28/1/2023) malam.


    Kegiatan diikuti oleh masyarakat dari 7 RW dan 44 RW,  yang sekaligus reorganisasi Kepengurusan RT dan RW di lingkungan Kelurahan Kebumen. Kesempatan tersebut juga dilaksanakan untuk penyerahan Surat Keputusan (SK) bagu Ketua RTdan Ketua RW yang baru. 


    Selain itu, juga disampaikan akan adanya event di jalan Soekarno-Hatta serta penataan pedagang kuliner, yang ada di seputaran jalan tersebut pada (25/1) mendatang. 

    Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo mengaku Ngopi Bareng Lurah tersebut, telah dilaksanakan semenjak dirinya menjabat sebagai Lurah Kebumen. Disini, masyarakat yang memiliki keluhan di lingkungan, bisa langsung ditanggapi dan dicarikan solusinya. 


    Selain itu, dalam kegiatan ini juga diberikan infomasi kepada warga masyarakat terkait dengan program-program dari pemerintahan. Dengan begitu, program tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat. 

    “Ngopi Bareng Lurah atau Rembug Warga. Dalam kesempatan ini kita mengundang semua warga Kelurahan Kebumen yang notabene punya waktu untuk datang ke Aula Pendopo Kelurahan Kebumen sambil rembug-rembug," ucapnya. 

    Dalam rembug warga tersebut juga disampaikan sosialisasi terkait penataan lingkungan dan kawasan perkotaan, agar lebih asri dan indah. Utamanya pertokoan yang ada di Jalan Soekarno-Hatta, agar bisa diseragamkan,  untuk memperindah dan mempercantik di jalan tersebut. 


    Termasuk juga kanopi yang ada di jalan itu, rencananya juga akan diseragamkan,  dengan bentuk desain dan warna yang sama. Begitu juga, cat bangunan yang kusam, agar bisa dibersihkan atau diperbaharui untuk memperindah Kota Kebumen. 

    Namun untuk kanopi, dari pemerintah tidak memiliki anggaran untuk penyeragaman tersebut. Harapannya, dalam sosialisasi ini, para pemilik toko bisa melakukan pemasangan secara mandiri. 

    “Tadi termasuk kita ada agenda sosialisasi terkait dengan pembenahan di Jalan Soekarno-Hatta. Karena harapan beliau, Bupati menuju Kebumen semarak diseragamkan untuk Jalan Soekarno-Hatta. Ini supaya lebih memperindah mempercantik kondisi di Jalan Soekarno-Hatta,” paparnya.


    Pihaknya juga berharap adanya Program Ngopi Bareng lurah bisa efektif untuk menyelesaikan keluhan warga. Selain itu, juga ada evaluasi terkait keluhan warga tersebut dirembug warga berikutnya, yang juga sekaligus evaluasi kinerja lurah Kebumen dan perangkatnya. 

    “Kami laporkan juga penyelesaian itu di rembug warga berikutnya jadi dievaluasi terkait kinerja lurah Kebumen dan juga perangkatnya,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top