• Berita Terkini

    Kamis, 01 Desember 2022

    Siswa PAUD Permata Bunda Diajak ke Mapolsek Prembun

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Beragam metode dilakukan pihak sekolah untuk mengasah  kreatifitas siswa. Seperti yang dilakukan PAUD Permata Bunda Desa/Kecamatan Prembun ini,  Kamis (1/12/2022). Saat itu, pihak sekolah mengajak para siswanya berkunjung ke Mapolsek Prembun


    Sebanyak 30 siswa yang ikut pada kegiatan itupun antusias. Di Mapolsek Prembun, para siswa diajak mengenal lebih dekat sosok polisi, mereka juga diajak mengenal rambu-rambu dan aturan lalu lintas serta berbagai tugas dan pelayanan anggota polisi. 


    Dalam kunjungan ke Mapolsek Prembun, para siswa yang didampingi guru Nurul Hasanah dan Aprilia itu diterima oleh Aiptu Rajimin. Dengan cara yang menarik dan penuh canda, anak-anak mendapat penjelasan tentang tata tertib berlalulintas.


    Sesudahnya mereka juga diajak berkeliling markas sambil dijelaskan berbagai tugas kepolisian. Tampak sekali bagaimana sebagian anak yang semula merasa canggung dan takut akhirnya dapat bercanda dengan para anggota kepolisian.


    Di sisi lain, Kapolres Kebumen AKBP Burhanudin melalui Kapolsek Prembun, AKP Tugiman mengungkapkan menjadi bagian tugas dari kepolisian untuk melakukan edukasi kepada masyarakat. “Kami sangat terbuka terhadap kunjungan berbagai kelompok masyarakat. Apalagi adik-adik pelajar. Asal dikoordinasikan sebelumnya, pasti kami akan melayani dengan terbuka. Sehingga adik-adik bisa menambah pengetahuan dan wawasan, terutama terkait dengan bidang tugas dan pelayanan kami,” jelas AKP Tugiman.

    Salah satu wali murid, Darsini mengungkapkan antusias mengikuti acara tersebut.  Apalagi karena putranya memang bercita-cita menjadi polisi. “Anak saya sangat senang mengikuti acara ini karena memang kalau besar nanti ingin jadi polisi. Selain itu, dengan kunjungan ini anak-anak jadi tahu bahwa polisi adalah sahabat masyarakat bukan sosok yang harus ditakuti dan dijauhi,” jelas ibu dari Haidar Panduwirawan itu.

    Pendamping PAUD Permata Bunda Hj Sunarsih mengungkapkan kegiatan luar ruang diadakan secara rutin setiap minggu keempat.  Destinasi kunjungan beragam dan dipilih yang memiliki muatan pengetahuan serta pengembangan wawasan. 

    Selain itu juga sekolah mengusahakan ada pemandu langsung dari tempat yang dikunjungi sehingga penjelasan dapat disampaikan dengan lebih baik. “Anak-anak secara rutin kami ajak menambah pengetahuan di luar sekolah. Bisa ke tempat ibadah, kantor pemerintah, kebun bahkan ke kandang ternak milik penduduk. Hari ini kami sengaja memilih Polsek Prembun. Harapannya selain mendekatkan anak dengan sosok polisi juga untuk mengenalkan anak pada budaya hidup tertib dan taat hukum,” jelas Sunarsih.

    Ditegaskannya, kegiatan ini dapat rutin berjalan karena keterbukaan berbagai pihak untuk terlibat dan memberikan dukungan terhadap proses pendidikan di PAUD Permata Bunda.

     Kami pernah melakukan kunjungan ke kawasan peternakan milik warga. Ternyata pemiliknya menyambut baik bahkan memandu anak-anak untuk semakin memahami dunia peternakan. Ke depan kami juga akan berkunjung ke tempat-tempat usaha yang lain misalnya pabrik atau rumah makan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top