• Berita Terkini

    Jumat, 30 Desember 2022

    Pelaku UMKM Dibantu Prasarana Bernilai Ratusan Juta


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Para pelaku  Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapat bantuan dari Pemerintah.  Bantuan berupa sarana dan prasarana itu diserahkan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto  Jumat (30/12/2022)


    Bantuan diberikan Bupati disela-sela acara shalawat dan doa bersama bareng Habib Abdurrahman Fahmi bin Ali Assegaf di Alun-alun Kebumen. Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, jajaran Forkompimda, anggota dewan dan para ASN serta masyarakat. 

    "Alhamdulillah tahun ini pemerintah kembali menyerahkan Bansos Sarpras untuk UMKM. Bantuan ini merupakan komitmen pemerintah terhadap keberlangsungan UMKM agar pelaku usaha kecil dan menengah kita semakin meningkat produksinya dan penghasilannya," ujar Bupati.


    Bupati menyatakan, bantuan diberikan kepada kelompok usaha dan juga perorangan yang diusulkan oleh para anggota DPRD Kebumen, yakni Tatag Sujoko, Adhitya Whisnu Bayu Aji, dan Fuad Wahyudi melalui dana Pokir (Pokok Pikiran). "Bantuan ini diberikan berkat aspirasi dari anggota dewan," ucapnya.

    "Bantuan yang kita berikan tadi macam-macam, ada laptop, compressor, mesin bobok kayu, mesin planer. Kita juga tadi memberikan bantuan sarpras juga untuk para karangtaruna, Ansor, Muslimat NU, Fatayat dan lain-lain. Semoga bisa bermanfaat untuk menunjang usaha dan organisasi mereka," tambah Bupati.

    Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kebumen Agung Supri Haldoko menambahkan, bantuan dari Pokir yang diusulkan anggota dewan Tatag Sujoko adalah pelaku UMKM dari Kecamatan Bonorowo, ada delapan orang yang menerima bantuan tersebut.

    Barang yang diterima, yakni Compressor 2HP 8B 24L 1P DD CRDC022, Cordless Circular Saw, Cordless Impact Drill Set 12V IRCIDS121, Cordless Sander, Dril Vise Standard Type 3IN, F Clamp 8X30CM LRFC830, Mesin Bobok Kayu, Mesin Planer, Spray Gun HVLP 1.8MM W/ Cup RRDGS18, Wood Trimmer/Mesin Propil Makita.  "Masing-masing dari mereka mendapat beberapa macam barang alat pertukangan dengan total anggaran Rp. 119.510.008," ujar Agung.

    Lalu bantuan dari Pokir yang diajukan anggota Adhitya Whisnu Bayu Aji penerimannya adalah pelaku usaha UMKM dari Kelompok Pertukangan Kayu Sinergi Cipta Karya Kecamatan Rowokele

    Barang yang diterima, yakni Bench Grinder 6IN 1/2HP 220V IPBG2, Cordless Circular Saw, F Clamp 8X30CM LRFC830, Hacksaw Machine, Mesin Bobok Kayu, Mesin Planer Total Anggaran : Rp 29.921.000

    Terakhir kata dia, Pokir dari anggota Fuad Wahyudi diberikan kepada organisasi masyarakat, yakni Karang Taruna Karya Dharma Bakti Desa Arowinangun  Puring, Ranting Muslimat NU Desa Sitiadi Puring, Ranting Fatayat Nahdlatul Ulama Tambakmulyo Kecamatan Puring, Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Krandegan Kecamatan Puring. "Barang yang diterima yaitu masing-masing mendapat laptop dengan spesifikasi Core i5 dan Laptop spesifikasi Core i3 dengan total anggaran Rp. 128.464.000," tandasnya.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top