• Berita Terkini

    Jumat, 23 Desember 2022

    Pelaku Olahraga Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan BPJS Ketenagakerjaan Kebumen menggelar kerjasama. Ini terkait dengan Pelaksanaan Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pelaku Olahraga di Wilayah Kebumen.


    Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap Dewi Manik Imannury didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kebumen Riski Setiadi dan Ketua KONI Kebumen HD Sriyanto. Ini dilaksanakan pada Acara Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Kebumen Tahun 2022 yang diselenggarakan di Hotel Mexolie, Kamis (22/12/2022).


    Turut dalam kegiatan tersebut Pimpinan Forkompida dan jajaran Pengurus KONI Kebumen serta Pengurus dan Official dari 38 cabang olahraga. 

    Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada salah satu perwakilan Atlet KONI Cabang Olahraga Tinju Brian Aldi. 

    Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kebumen Riski Setiadi dalam sosialisasinya menyampaikan program dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bukan hanya diperuntukkan kepada tenaga kerja formal. Melainkan juga dapat diikuti oleh pekerja informal seperti atlet, pelatih, wasit, official, dari masing-masing cabang olahraga. “Selain itu bisa juga diikuti oleh petani, penderes, pedagang, nelayan serta asisten rumah tangga,” tuturnya. 


    Dijelaskannya, Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang diperutukkan bagi pekerja informal, setidaknya dapat mengikuti program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Ini dengan premi iuran per bulan sebesar Rp 16.800. 


    Perlindungan Sosial tersebut, menjadi bagian penting bagi pelaku orahraga. Sebab dengan adanya jaminan sosial, diharapkan para atlet, pelatih serta panitia dapat melaksanakan kegiatan baik pelatihan dan pelaksanaan turnamen dengan aman. “Sehingga diharapkan para atlet dapat fokus bertanding untuk meraih prestasi,” paparnnya.

    Ketua KONI Kebumen HD Sriyanto menyampaikan Rakerkab KONI Tahun 2022 diagendakan untuk merumuskan rencana kerja tahun 2023. Selain itu juga evaluasi dalam persiapan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah pada Tahun 2023 mendatang.


    Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Yanie Giat Setyawan menyampaikan para pengurus KONI agar senatiasa melakukan inovasi dalam perencanaan kerja Tahun 2023. “Ini untuk meningkatkan prestasi Atlet KONI Kebumen di kancah turnemen Provinsi dan Nasional,” paparnya. 


    Riski Setiadi juga menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kebumen bersama dengan Satgas Pengawasan dan Kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kebumen juga telah memberikan secara simbolis Manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja kepada salah satu tenaga kerja THL (Non ASN) dari BPBD Kebumen, Selasa (20/12) kemarin.

    Dimana ada salah satu THL yang mengalami kecelakaan kerja sehingga mengakibatkan menggunakan kaki palsu untuk melakukan aktivitasnya. Adapun manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja yang diberikan dalam bentuk penggantian seluruh biaya pengobatan, santuan cacat, serta pemberian kaki palsu yang diterima oleh tenaga kerja adalah senilai Rp168 Juta.

    “Manfaaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut adalah bentuk kepedulian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen bagi Non ASN, dan bentuk Negara hadir melalui Program Jaminan Sosial pada saat tenaga kerja mengalami risiko sosial,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top