• Berita Terkini

    Senin, 26 Desember 2022

    MTs N 4 Juara Pelayanan Terbaik 1 Sekolah Adiwiyata 2022


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-MTs Negeri 4 Kebumen yang lebih dikenal dengan Sekolah Golden Generation Good Generation (4G), itu  berhasil menjadi Pelayanan Terbaik 1 Sekolah Adiwiyata. Ini pada  Tingkat Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Tahun 2022. 


    Penghargaan diberikan pada Kamis (22/12/2022) lalu, oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. Ini berdasarkan Keputusan Bupati Kebumen Nomor: 660/402 tentang Sekolah Adiwiyata Kabupaten Kebumen Tahun 2022.


    Ucapan selamat disampaikan langsung oleh Bupati Kebumen H Arif kepada Kepala MTsN 4 Kebumen Mahmudin yang didampingi Wakakur Arif Nur Chakim usai Upacara Hari Ibu dan Hari Bela Negara di Halaman Pendopo Kebumian. Hadir secara pribadi Bupati H Arif dan Jajarannya serta seluruh anggota Forkompinda. Upacara juga dihadiri sekolah, madrasah dan para peraih penghargaan lainnya.


    Melalui kompetisi yang sangat ketat Tim Verifikasi Adiwiyata yang terdiri dari berbagai latar  belakang kelembagaan seperti Perguruan Tinggi,  Dinas Pendidikan Kabupaten, Dinas Lingkungan Hidup, Kementerian Agama dan lain lain yang diturunkan sebagai tim penilai sekolah Adiwiyata mengakui, MTs Negeri 4 Kebumen sejak survei awal dan sampai dengan verifikasi akhir di lapangan memang sangat serius. Selain itu juga mampu menunjukkan keunggulannya di bidang tata kelola sekolah ideal berdasarkan standar Adiwiyata. 


    “MTs Negeri  4 Kebumen sekarang keren sekali. Budaya Adiwiyata menjadi atmosfir pendidikan yang pantas di apresiasi dan ditiru sekolah lain,” ungkap salah satu tim Verifikasi yang turun kelapangan.


    Kepala MTs Negeri  4 Kebumen Mahmudin menyampaikan penghargaan tersebut merupakan kado akhir tahun untuk masyarakat Kebumen dan Jawa Tengah khususnya. Pihaknya juga berterimakasih kepada Kankemenag Kebumen, para Kasi dan Kasubag juga terspesial kepada Kakanwil dan juga Kabid Penma Jawa Tengah yang akan memasuki masa purna tugas. “Salam sejuta cinta dari kami semua," ungkapnya.

    MTs Negeri 4 Kebumen pernah menginisiasi program madrasah  Adiwiyata pertama kalinya saat bertugas  MAN 1 Kebumen dan dilanjutkan juga Adiwiyata di MAN 3 Cilacap.

    Dijelaskannya, modal penting bagi sekolah atau madrasah yang ingin sukses Adiwiyata yakni soliditas para guru, pegawai, siswa dan dukungan Komite Madrasah termasuk alumni. Ini dalam membangun program atau budaya lingkungan hidup yang baik dan ideal. “Kami siap berbagi dengan siapapun yang ingin menjadi sekolah atau madrasah Adiwiyata," kata Mahmudin. 


    Disampaikannya, Sekolah Adiwiyata bertujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sehat. Ini melalui tata kelola sekolah yang baik. Kemudian dapat menciptakan kondisi dan budaya hidup yang asri, bersih, hijau, sejuk dan sehat dan mampu mewujudkan tempat pembelajaran yang nyaman, aman dan betah di sekolahnya.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top