• Berita Terkini

    Kamis, 10 November 2022

    Ziarah ke Makam Pahlawan, Bupati Kebumen Jalan Kaki dari Pendopo


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada Kamis (10/11/2022) kemarin. Cerita menarik itu datang dari Bupati Kebumen beserta jajaran pejabat yang memilih berjalan kaki  saat melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Kebumen.

    Para petinggi di Kebumen itu harus menempuh jarak tak kurang dari tiga kilo meter dari Pendopo Kabumian menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wirabakti yang berada di Jl Tentara Pelajar. Aksi jalan kaki ini digelar upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 yang berlangsung di Pendopo Kabumian. 


    Tampak dalam rombongan kemarin Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih serta jajaran Forkopimda Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Kajari Fajar Sukristyawan, Ketua DPRD Sarimun, Ketua PN Kebumen R. Agung Aribowo, dan Ketua PA Kebumen M. Kahfi.  Alunan musik Drumband mengiringi perjalanan para pejabat itu hingga tiba di lokasi.



    Bupati membenarkan, berjalan kaki saat ziarah ke TMP menjadi kali pertama di Kebumen. Bupati Arif mengungkapkan, sengaja memilih jalan kaki ke lokasi makam untuk kembali mengenang dan merasakan perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah.

    "Jadi ini untuk mengingat sekaligus merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Tentu ini belum seberapa dibanding pengorbanan para pahlawan kita yang rela menaruhkan jiwa dan raganya bertempur melawan penjajah,"ujar Bupati.

    Bupati mencoba mengingat kembali perjuangan para pahlawan dan masyarakat Indonesia pada masa itu yang tiada henti mengeluarkan tenaga, pikiran dan materi untuk meraih Kemerdekaan Indonesia. "Masyarakat kita dulu keluar masuk hutan, kemana-kemana jalan kaki, mereka berjuang matian-matian untuk bisa meraih kemerdekaan," jelasnya.

    Karena itu, sudah sepatutnya kata Bupati, semangat para pahlawan itu bisa terus tertanam dalam jiwa sanubari setiap anak bangsa. "Tugas kita sekarang adalah menjaga dan merawat apa yang telah diwariskan dari para pendahulu kita. Caranya dengan apa? Bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," tegasnya.

    Tak lupa, di Taman Makam Pahlawan Bupati bersama rombongan melaksanakan tabur bunga dan doa bersama. Prosesi tabur bunga dilakukan setelah dilaksanakan upacara penghormatan terhadap para pahlawan yang gugur, dimana Ketua DPRD Kebumen Sarimun bertindak sebagai Inspektur Upacara. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top