• Berita Terkini

    Jumat, 28 Oktober 2022

    Kebumen Surganya Tempat Plesir, Pilihan Tepat untuk "Healing" Akhir Tahun

     


    Kabupaten Kebumen merupakan sebuah wilayah di Jawa Tengah yang memiliki garis pantai sepanjang 67,5 kilometer. Dengan garis pantai sepanjang ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kebumen tersebut.


    Kebumen punya banyak Spot objek wisata keren, ada 130 tempat wisata di Kabupaten Kebumen yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Yakni, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, Pantai – Pantai yang indah, sampai air terjun dan spot wisata alam camping ground yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian jelajahi.


    Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Kebumen, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Kebumen jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Kebumen ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.


    Beberapa wisata kebumen yang harus segera kalian ekspor yakni,


    Pantai Menganti



    Walau tak setenar pantai-pantai di Bali, Pantai Menganti ini sebetulnya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pantai Menganti terletak di desa Karangduwur, kecamatan Ayah. Pemandangan luar biasa dari pantai Menganti ini dikarenakan lokasinya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia.


    Pantai ini memiliki cerita yang berkembang dari dulu hingga sekarang. Dulunya ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit dan menjalin kisah dengan seorang perempuan tetapi tidak pernah direstui. Di pantai ini lah mereka berjanji bertemu tetapi sepanjang hari sang panglima menunggu dan kekasih hatinya tidak muncul.


    Selain keindahan pasir putih dan pantainya, sekarang di lokasi wisata ini sudah banyak dijumpai homestay atau camping ground, jika wisatawan menginap disana akan mendapat banyak kelebihan, mulai dari sunset saat sore hari dan sunrise yang dihadapkan langsung dengan garis pantai dan birunya air laut. Apalagi ketika Anda datang begitu matahari akan ke peraduannya. Sunrise di bukit ini akan membuat siapapun rela untuk membayar mahal. Ketika malam hari, Anda akan disuguhkan dengan gemerlap lampu kota dari ketinggian. Panorama ini sangat cantik, terutama jika dipadukan dengan langit berbintang yang cerah.


    Pantai Logending.


     


    Pantai satu ini sangat legendaris, dulu pantai ini dikenal dengan Pantai Ayah, yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di wilayah Kebumen dan wilayah Kedu. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati kondisi alam yang masih asri dan berkeliling menggunakan perahu wisata. Setidaknya ada 40 perahu wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat melalui paguyuban dan juga dua kapasitas perahu. Pertama berkapasitas 40 orang dan kedua 60 orang. Pantai Logending ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen.


    Sementara rute layanan perahu wisata dari Pantai Logending ke tempat yang ada di dekat jembatan bodo ini membatasi Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap jauhnya sekitar 13 km atau dengan waktu tempuh 20 menit. Di lokasi pantai ini pengunjung juga disajikan rimbunnya hutan bakau yang berada muara Kali Ijo, juga hamparan pegunungan karst gombong selatan menjadi exotisme sejauh mata hijau memandang.


    Pantai Karang Agung



    Pantai ini bisa dijadikan sebagai tujuan selanjutnya jika masih ingin berburu wisata bahari. Pantai ini terbilang kondang di kalangan masyarakat lokal karena memiliki daya tarik tersendiri. Jika biasanya Anda akan menemukan pantai pantai yang berbatasan dengan air lautnya, maka di pantai Karang Agung akan menyajikan pemandangan berbeda. Pantai ini memiliki pesona keindahaan saat sunset, bisa dibilang lokasi favoritnya para landscapers dan traveling.


    Pantai Laguna


    Bagi yang suka penasaran dengan fenomena alam, pantai Laguna Lembupurwo dan Puring bisa kamu kunjungi ketika liburan nanti. Di pantai ini, kamu bisa melihat perpaduan ketika air tawar bertemu dengan air laut. Selain dapat melihat aliran sungai yang langsung bermuara ke laut, detikers juga dapat melihat laguna yang dipenuhi rumput hijau di tengahnya.


    Kampung Garam



    Tak hanya wisata keindahan saja, namun Kabupaten Kebumen juga ada Kampung Garam, Kampung Garam telah diresmikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tanggal 23 September 2019 lalu. Sebetulnya, kampung Garam adalah sentra produksi garam, yang akhirnya juga menjadi objek wisata baru. Kampung Garam ini tidak hanya menyediakan wisata edukasi proses produksi garam saja. detikers juga bisa berkunjung kesana sambil foto di tunnel garam.


    Benteng Van Der Wijck



    Lokasi selanjutnya adalah benteng Van Der Wijck yang dibangun pada 1818. Benteng yang bercat merah tersebut merupakan saksi sejarah pertarungan Pangeran Diponegoro dengan Belanda. Benteng ini dulunya juga pernah dijadikan lokasi syuting film The Raid 2 lho.


    Waduk Sempor


    Liburan sambil mengunjungi tempat yang tenang, memang bisa membuat energi kita kembali pulih. Waduk Sempor adalah tempat wisata yang menyajikan ketenangan karena tak hanya menyegarkan, tapi juga indah karena dikelilingi pohon pinus dan bukit-bukit. Sembari menikmati kedamaian di tepian waduk, wisatawan juga bisa memesan mendoan. Tempe mendo dilokasi ini terkenal dengan ukuran jumbonya, dijamin puas. Usai makan mendoan, wisatawan juga bisa berkeliling waduk dengan menaiki perahu ataupun cano, biaya sewanya cukup murah mulai dari Rp 20 ribu.


    Goa Jatijajar


    Gua Jatijajar merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Kebumen. Walaupun berbentuk gua, pengunjungnya tak perlu repot-repot memakai atribut untuk menjelajah alam karena dibangun setapak yang nyaman di dalamnya. Gua dengan panjang 250 meter ini menyajikan stalaktit, stalakmit, dan pemandangan sungai Puser Bumi, Jombor, Mawar, dan Kantil. Di dalam gua ini juga ada 32 patung dan 8 diorama yang menceritakan Lutung Kasarung. Pengunjung juga bisa mencuci muka di lokasi sendang, konon air didalamnya bisa membuat awet muda. Jika wisatawan ingin membeli oleh-oleh keluar dari mulut gua sudah langsung tersedia aneka kuliner dan oleh-oleh khas kebumen di sentra lokasi wisata ini.


    Bukit Pentulu Indah


    Bukit Pentulu Indah cukup dikenal sebagai lokasi untuk berkemah, juga surganya para pecinta camping dan fotografer landscape untuk mencari keindahan matahari terbit. Obwis yang dikelola Pokdarwis setempat ini memiliki nilai lebih pasalnya matahari terbit muncul dari tengah-tengah kedua gunung yakni Gunung Sindoro Sumbing dan amparan perbukitan kebumen utara. Jika tak ingin berkemah di sana, bisa juga kok, mencoba berbagai permainan seperti flying fox. Bukit satu ini juga cocok dikunjungi bersama keluarga.


    Pemandian Air Panas Krakal



    Objek wisata berikutnya adalah pemandian air panas Krakal. Ada area bermain anak-anak dan juga taman yang berada di sekelilingnya. Juga, di tempat ini ada kamar VIP yang mana masing-masing kamar tersebut dipisahkan oleh beton dan jumlah kamar ada 6 buah. Ada bangku panjang yang disediakan untuk menunggu di bagian depan kamar.


    Pemandian ini melayani para pengunjung dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Pemandian air panas krakal berada di Krakal, Alian, Kecamatan Kebumen. Tempat wisata ini cocok untuk mereka yang ingin melakukan relaksasi agar hilang rasa jenuh dan penat setelah lama beraktivitas.


    Pantai Suwuk



    Pantai Suwuk merupakan salah satu wisata pantai di Kebumen yang harus dikunjungi. Pasalnya pantai ini memang menjadi destinasi favorit di wilayah ini. Bahkan masyarakat sekitar juga sering datang ke pantai tersebut hanya untuk menyegarkan pikiran. Pantai ini memang tak seperti pantai indah di Bali atau di Lombok, namun dengan pengelolaan yang baik, menjadikan tempat ini pilihan wisata terbaik saat berada di Kebumen.


    Pasir pantai Suwuk berwarna coklat hingga hitam. Hamparan pantainya sangat panjang serta punya udara yang sejuk. Bibir pantai ini biasanya digunakan sebagai tempat bermain kesukaan anak-anak yang berkunjung ke pantai tersebut. Para pengunjung dapat bermain pasir sampai melakukan kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola, dan voli. Hingga saat ini, tidak jarang pengunjungnya yang hanya duduk menikmati udara pantai yang sejuk tersebut.


    Wisata Tubing


    Tak hanya itu, bagi wisatawan yang ingin tantangan adrenalin, di wilayah Kebumen timur ada juga loh wisata tubing. Dengan aliran deras Sungai Padegolan di bawah Waduk Wadaslintang. Wisatawan tubing, bisa menikmati segarnya air dari atas pelampung ban dengan pemandangan pegunungan nan hijau menjadi lokasi yang pas buat healing. Untuk mencoba tubing ini wisatawan dapat reservasi di dua tempat yakni Sendal Explore di Desa Sendang Dalem dan Rahayu River Tubing di Desa Rahayu Kecamatan Padureso.


    Selain rekomendasi beberapa wisata di kebumen ini, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Saat ini Pemkab Kebumen tengah mencanangkan pembuatan Kawasan Industri Wisata di pesisir selatan Kebumen yang terintegrasi satu dengan yang lain. Pentingnya sebuah kawasan wisata yang terpadu atau terintegrasi dengan wisata-wisata lain, agar geliat pariwisata Kebumen semakin ramai. Kebumen sendiri punya banyak potensi wisata yang tidak kalah dengan kabupaten lain.


    "Kita sedang mencanangkan sebuah kawasan industri atau kawasan wisata terpadu yang terintegrasi di wilayah pesisir selatan. Tahun ini akan kita mulai," ujar Bupati ditemui di Kompleks Pendopo Kabumian, baru-baru ini.


    Menurut Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto SH, dalam membangun kawasan wisata terpadu perlu ada tonggaknya lebih dulu. Di wilayah selatan, akan segera dibangun wisata Kaliratu di Tanggulangin yang terintegrasi sampai Cemara Sewu, di sepanjang wilayah ini nantinya akan dibuat resort, tempat penginapan untuk bersantai dan berlibur bersama keluarga.


    "Tonggaknya dimulai nanti dari Kaliratu, tanggulangin, Pandan Kuning, sampai Cemara Sewu, kita buat seperti Ancol, nanti ada penginapan, taman bermain, ada wisata bahari kita sediakan juga wisata perahu di Kaliratu, sekaligus dipadukan wisata pelestarian penyu, dan wisata edukasi shrimp estate," terang Bupati.


    Untuk mendukung dan mewujudkan program kawasan wisata terpadu, salah satu yang dilakukan, dengan meluncurkan program layanan Tourism Marketplace berbasis Website (Tumbas). Program ini dilaunching oleh Bupati Kebumen pada, Sabtu (15/10/2022).

     

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen, Sri Kuntarti, mengatakan, program Tumbas ini menyediakan berbagai referensi tempat wisata di kebumen, yang memberikan pelayanan informasi dan Pemasaran pariwisata dimana sistem ini akan mempermudah wisatawan dalam hal membeli tiket tempat wisata di kebumen yang bisa diakses melalui website hingga peta wisata dan kalender event di Kabupaten Kebumen. Tumbas ini dapat diakses melalui website https://disparbud.kebumenkab.go.id/.


    "Dalam layan Tumbas ini, wisatawan dimudahkan dengan lokasi wisata di kebumen, mulai petunjuk rute yang sudah terkoneksi dengan google maps dan berbagai referensi kuliner homestay dan hotel serta kegiatan kebudayaan," ujarnya.


    Disilain, saat ini Pemkab Kebumen tengah berupaya menjadikan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong sebagai Calon Aspiring UNESCO Global Geopark (AUGGP) Tahun 2022.Komitmen Geopark Nasional, diikuti oleh beberapa peserta calon AUGGP, yakni dari Geopark Tambora, NTB, Geopark Meratus, Kalimantan Selatan, Geopark Silokek, Sijunjung Sumatera Barat, dan juga Geopark Pongkor, Bogor, Jawa Barat.


    Keragaman geologi di kebumen ini sangat kaya, dipadukan dengan keragaman budaya dan keanekaragaman hayati yang khas menjadi potensi besar bagi pengembangan geowisata Kabupaten Kebumen yang berdaya saing. Keunikan kekayaan alam tersebut membentang dari Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung (Keputusan Menteri ESDM Nomor: 2817K/40/MEM/2006) pada wilayah utara hingga Kawasan Bentang Alam Karst (Keputusan Menteri ESDM Nomor 3873K/40/MEM/2014) pada wilayah selatan. Kawasan ini telah diresmikan menjadi Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong pada tanggal 29 November 2018.


    Konsep geopark dipilih sebagai konsep pengembangan kawasan secara berkelanjutan mengintegrasikan kekayaan geologi, biologi, dan budaya dengan menekankan aspek konservasi, edukasi, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata berkelanjutan.


    Kawasan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong memiliki 41 situs geologi (geosite), 2 situs biologi (biosite) dan 14 situs budaya (cultural site) yang tersebar di 118 desa 12 Kecamatan. Tahun 2022, Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong sedang diajukan menjadi Aspiring UNESCO Global Geopark oleh Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dengan tema “The Best Evidence of Plate Tectonic Theory at South East Asia and Karstic Landscape”.


    Geopark Karangsambung-Karangbolong adalah wadah yang paling tepat dan paling dekat untuk menjadikan Kebumen dikenal mendunia. Karena itu, kekayaan alam ini menjadi aset yang harus terus dijaga dan dilestarikan sebagai modal kesejahteraan masyarakat. Geopark Karangsambung-Karangbolong sendiri sudah masuk dalam proses penjaringan menuju UNESCO Global Geopark.


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, pihaknya terus berjuang tanpa kenal lelah untuk menjadikan Kebumen mendunia dengan memasukan Karangsambung-Karangbolong dalam UNESCO Global Geopark yang saat ini masih di tahap penilaian.


    "Pada tahun 2021 kemarin Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong sudah masuk peringkat tiga, sehingga kita belum diberi kesempatan untuk masuk dalam UNESCO Global Geopark. Ini adalah salah satu upaya dan komitmen kita untuk menjadikan Karangsambung-Karangbolong masuk dalam UNESCO Global Geopark. Tentu ini tidak mudah, kita harus punya perangkat, sistem dan tata aturan yang jelas agar impian menjadikan Kebumen mendunia terwujud, tentu dengan usaha keras untuk bisa menjadi nomor satu," ujar Bupati.


    Kepala Dinas Bappeda Kebumen, Edi Rianto menambahkan, untuk bisa masuk dan ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark memang prasaratnya tidak mudah. Secara alamiah hampir tidak ada masalah, karena struktur bebatuan di Karangsambung-Karangbolong punya ciri dan sejarah yang berbeda dari yang lain.


    "Hanya bagaimana upaya ini juga mendapat dukungan kerjasama yang kuat bersama seluruh elemen masyarakat. Karena jangan sampai masyarakat kita ini tidak mengetahui tentang kekayaan geopark yang ada di Kebumen, khususnya bagi masyarakat sekitar," ujar Edi.


    Sebagai sarana edukasi dan promosi secara online, Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong sudah meluncurkan GEO-BOT (Geopark Chatting Robot) melalui aplikasi WhatsApp. GEO-BOT memuat informasi tentang Geopark Karangsambung Karangbolong, Wisata Kebumen, Ekonomi Kreatif, dan lain-lain yang dapat secara langsung diakses melalui nomor WA : 0858-1000-0630. (adv)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top