• Berita Terkini

    Senin, 26 September 2022

    Tips Ikut Job Fair Agar Direkrut di Perusahaan Impian


    Job fair atau bursa kerja merupakan salah satu acara yang paling dinanti-nanti oleh para pencari kerja. Di sana, Anda akan menemukan berbagai perusahaan dalam satu tempat yang menampung lamaran pekerjaan, sekaligus interview di tempat. Akan tetapi, untuk bisa mengikuti job fair sampai direkrut, Anda harus mengetahui berbagai tips yang efektif.

    Salah satu hal yang selalu harus dipersiapkan ketika mengikuti job fair adalah CV atau resume. Dokumen tersebut merupakan unsur penting agar perekrut dapat mengenali Anda dan juga kompetensi yang Anda tawarkan pada perusahaan. Anda dapat melihat berbagai CV atau resume menarik dan profesional dari cvmenarik.com

    Seperti yang kita ketahui, job fair digelar dengan mewadahi perusahaan-perusahaan agar bisa bertemu langsung dengan pencari kerja profesional. Dalam kegiatan inin, karyawan, perekrut, sekolah, dan atau kampus bisa saling berbagi informasi secara dua arah. Sehingga, semua pihak akan saling bertemu dalam proses perekrutan kerja.

    Tips Ikut Job Fair

    Umumnya, job fair terkadang tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja. Tidak semua perusahaan bisa ditampung di kegiatan tersebut, sementara animo pencari kerja selalu saj membludak. Sehingga, bisa dibilang potensi untuk bisa mendapatkan pekerjaan dari job fair pun dinilai cukup sulit. Berikut ini adalah tips mengikuti job fair yang efektif sehingga Anda pun bisa direkrut perusahaan untuk bekerja.

    1.   Pakaian yang Rapi dan Sopan

    Penampilan merupakan salah satu hal yang paling pertama dilihat oleh perekrut. Maka dari itu, Anda sebagai pencari kerja sebisa mungkin harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Anda dapat mengenakan pakaian formal seperti kemeja dan celana dengan warna gelap untuk pria dan blazer dengan rok untuk wanita.

    Pastikan pakaian yang digunakan rapi dan bersih, termasuk gaya rambut dan tampilan wajah. Dengan begitu, Anda pun akan tampak lebih profesional di mata perekrut, sehingga mereka memiliki pertimbangan lebih untuk menerima lamaran Anda.

    2.   Mengenali Perusahaan yang Ada

    Dalam job fair, ada beberapa perusahaan dengan berbagai sektor bisnis yang terlibat. Meskipun begitu, biasanya tidak banyak perusahaan yang ikut dalam kegiatan ini. Sebisa mungkin, Anda harus mengenali setiap perusahaan tersebut, terlebih perusahaan yang hendak jadi sasaran Anda.

    Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan dalam menulis resume dan CV. Anda pun bisa lebih mempertimbangkan posisi yang diinginkan dari perusahaan tersebut. Jika Anda memilih lebih dari satu perusahaan, mengenali profil dari perusahaan merupakan hal yang wajib dilakukan.

    3.   Siap Semua Dokumen Dengan Lengkap

    Dokumen lamaran kerja merupakan salah satu hal yang penting dan tidak boleh luput dari perhatian. Mulai dari surat lamaran, resume, CV, dan lain-lain harus disiapkan dengan lengkap. Apalagi, terkadang ada saja pencari kerja yang tidak menyiapkan dokumen dengan lengkap sehingga kesulitan ketika ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

    Anda pun dapat menyiapkan berbagai sertifikat dan piagam yang pernah Anda capai. Dengan begitu, Anda pun akan terlihat memiliki kompetensi dalam bidang yang ditekuni. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian pun tentu akan lebih terbuka.

    4.   Latihan Interview

    Dalam proses rekrutmen kerja, maka interview merupakan tahap yang sangat penting. Biasanya, Anda akan ditanya mengenai berbagai hal tentang dunia kerja dan pengalaman yang pernah Anda lalui selama ini. Tidak sedikit orang yang gagal di tahap ini karena gugup sehingga sulit menjawab pertanyaan.

    Maka dari itu, latihan interview dapat jadi langkah yang tepat. Anda bisa mencari informasi mengenai berbagai pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh perekrut. Kemudian, Anda bisa latihan menjawab berbagai pertanyaan tersebut dengan berbicara di cermin. Ketika sudah terbiasa, Anda tidak akan kesulitan menjawab ketika menjalani interview sesungguhnya.

    5.   Jaga Kesehatan

    Anda akan mengikuti job fair bersama dengan ratusan atau bahkan ribuan pencari kerja lainnya. Bukan tidak mungkin perusahaan yang Anda inginkan pun ramai diminati sehingga menyebabkan antrean yang membludak. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan dan memastikan tubuh prima ketika mengikuti job fair.

    Istirahat yang cukup beberapa hari sebelum mengikuti job fair. Selain itu, Anda bisa menyiapkan air putih ketika mengantre untuk mengantisipasi dehidrasi pada tubuh Anda. Dengan tubuh yang sehat dan prima, Anda pun bisa mengikuti berbagai tahapan dengan lebih percaya diri.

    Tips mengikuti job fair di atas dapat Anda lakukan agar proses rekrutmen yang dilakukan bisa efektif, sehingga Anda pun bisa diterima oleh perusahaan. Meskipun akan beradu kesempatan yang sama dengan banyak pencari kerja, dengan menyesuaikan kualifikasi, dan memanfaatkan tips di atas, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pekerjaan impian dengan lebih cepat.

    Demikian informasi yang bisa Anda pahami dan jadikan referensi. Anda pun bisa mencari berbagai literatur lain untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan potensi meningkatkan karir Anda di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.(*/wil)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top