• Berita Terkini

    Sabtu, 17 September 2022

    Hingga September, Bupati Kebumen Terima 2498 Aduan Masyarakat

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejak pertama dilaunching pada Januari 2022 lalu, kanal Lapor Cepat Bupati sudah menerima ribuan aduan. Tercatat dari Januari sampai September 2022 sudah ada 2.498 aduan yang disampaikan di sejumlah kanal 2.464 sudah tertangani.


    Hal itu disampaikan Bupati saat menggelar rapat evaluasi Lapor Cepat Bupati dan sosialisasi pemanfaatan media sosial sekaligus launching Majalah Kebumen On News di Pendopo Kabumian, pada Kamis 15 September 2022 yang turut dihadiri pimpinan OPD, camat, perwakilan BUMD, dan juga lurah dan kepala desa.


    "Dengan banyaknya aduan ini menandakan masyarakat aktif memberikan pengawasan dan ikut partisipasi dalam menyampaikan problem-problem yang terjadi di lapangan. Dan kita dari pemerintah juga tidak menutup diri dalam mendengar keluhan dari setiap persoalan yang dihadapi masyarakat," ujar Bupati.


    Bupati menekankan di era tekonologi informasi dengan adanya media sosial, masyarakat bisa dengan mudah mendapat informasi dari mana saja. Media sosial juga bisa dijadikan sebagai alat kontrol, sehingga pemerintah turut serta menjadikan media sosial sebagai wadah untuk menerima sejumlah aduan.


    Hal ini kata Bupati, terbukti 79 persen aduan masyarakat disampaikan melalui medsos, 18 persen melalui whatsApp, dan 8 persen disampaikan melalui website. Adapun paling banyak yang diadukan oleh masyarakat, pertama menyangkut penyaluran Bansos, dua fasilitas umum seperti jalan rusak, perbaikan jembatan, stadion, dan gangguan air PDAM.


    Kemudian ada perbaikan lampu PJU, pungutan liar, lain lain seperti kepegawaian, tata ruang kota dan masalah sosial lain, yakni ada perjudian, perselingkuhan, pencurian dll. "Semua aduan itu sudah dijawab oleh dinas terkait atau instansi terkait, hanya saja secara teknis pelaksanaannya di lapangan ada yang belum bisa diselesaikan," ucapnya.


    Adapun beberapa kendala dalam evaluasi Lapor Cepat Bupati, yakni diakui ada beberapa admin OPD yang kurang responsif dalam menanggapi aduan. Ada aduan yang menyangkut masalah internal keluarga, aduan dari kabupaten lain, proses koordinasi membutuhkan peryelesaian lama, ada beberapa OPD memiliki admin lebih dari satu.

    "Misalnya ada aduan jalan rusak, itu pasti kita jawab, masyarakat ini kan kadang mintanya instan begitu ada jalan rusak maunya langsung dibangun, padahal ada proses yang dilalui, misalnya jalan bisa dibangun pada tahun 2023 mendatang sesuai perencanaan anggarannya. Atau ada jalan yang menjadi kewenangan provinsi/pusat, ini yang perlu dijelaskan kepada masyarakat," jelasnya.


    Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kebumen Budhi Suwanto menambahkan, banyak kanal dalam Lapor Cepat Bupati yang telah disiapkan untuk merespon kebutuhan, kritik, saran dan masukan masyarakat, di antaranya: Aplikasi Lapor Cepat Bupati berbasis web yang diakses melalui laman https://laporbup.kebumenkab.go.id/.


    Kemudian, Aplikasi Lapor Cepat Bupati berbasis android yang dapat diunduh melalui Google playstore. Lalu, Instant Messaging WhatsApp melalui nomor 0811-26-34556 dan Facebook Fanpage: Pemerintah Kabupaten Kebumen.

    Aduan juga bisa disampaikan Twitter: @pemkab_kebumen dan Instagram: @pemkabkebumen.


    "Semua aduan itu nantinya dari Kominfo akan diteruskan kepada dinas atau instansi terkait sesuai dengan tupoksi pekerjaanya untuk dijawab, setelah itu kita sampaikan lagi kepada yang masyarakat yang bersangkutan," tutur Budhi.


    Sesuai arahan Bupati, lanjut Budhi, pihaknya juga meminta kepada OPD, kecamatan sampai kelurahan untuk bisa memanfaatkan media sosial guna dijadikan media penyampaian informasi publik terkait kebijakan atau program pemerintah yang sudah dikerjakan."Minimal tiap OPD atau instansi ada tiga akun media sosial yang dikelola oleh admin. Harus aktif memantau perkembangan dari isu-isu yang beredar di medsos, kemudian rutin mempublikasikan program kerja dan dan proaktif dalam menjawab keluhan masyarakat," tuturnya.

    Bila perlu kata dia, jika ada isu atau persoalan penting yang memang harus disampaikan ke publik secara luas dan masif bisa menyiapkan dengan Press release atau jumpa pres melibatkan para awak media untuk dilakukan peliputan. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top