• Berita Terkini

    Jumat, 09 September 2022

    Forkom Pemberdayaan untuk Umat Kebumen Terbentuk


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Masjid sebagai salah satu pusat kegiatan keumatan. Untuk itu Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen meluncurkan Program Forum Komunikasi Pemberdayaan untuk Umat. Dimana nantinya, masjid menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. 


    Program tersebut diluncurkan oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH di Pendopo Kabumian, Jum'at, (9/9/2022). 


    Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kebumen Ibnu Asaddudin, Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen KH Abduh Hisyam, Forkopimda Kabupaten Kebumen serta para pengurus masjid di Kabupaten Kebumen. 


    Bupati Kebumen H Arif menuturkan sangat mengapresiasi dengan adanya program dari Kantor Kementerian Agama Kebumen. Dimana menurutnya, masjid merupakan pusat dari kegiatan umat Islam untuk beribadah. 


    Dengan adanya program tersebut, masjid juga akan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan. Dimana nantinya akan ada infak yang betul-betul difokuskan untuk kegiatan keumatan seperti peningkatan gizi masyarakat, penanganan kemiskinan, stunting dan juga pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan juga masyarakat yang membutuhkan kepedulian sosial. 

    “Jadi bagaimana masjid melaksanakan kegiatan sosial untuk kemasyarakatan sosiomasjid. Biasanya di Kebumen ada sosiomedis, kini ada sosiomasjid. Sehingga takmir masjid itu dalam radius mungkin 50 sampai 100 meter ada infak yang betul-betul difokuskan untuk kegiatan keumatan,” tuturnya. 


    Sementara itu, kepala Kantor Kemenag Kebumen Ibnu Asaddudin berterimakasih kepada Bupati yang telah mendukung program untuk pemberdayaan umat di masjid-masjid yang ada di Kebumen. Menurutnya kini sudah ada 42 masjid di Kebumen yang akan menerapkan progam tersebut. Targetnya pada di tahun 2022 ini, bisa tercapai 90 persen masjid yang turut dalam program penguatan masjid. 


    Kantor Kemenag Kebumen sudah membentuk Forum, diantaranya adalah Izaroh atau administrasi dan imaroh atau kemakmuran. Menurutnya semuanya telah dikonsep dengan keanggotaannya merupakan gabungan dari semua elemen. “Dengan program maju serempak kita wujudkan Kebumen semarak,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top