• Berita Terkini

    Senin, 19 September 2022

    Bodronolo, Jadi Bumdesma Pertama di Kebumen yang Berbadan Hukum


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi melaunching Bumdes Bersama (Bumdesma) Bodronolo Kecamatan Kebumen di Kompleks Kwarcab Gerakan Pramuka Kebumen, Jl.Tentara Pelajar pada Sabtu (17/9/2022)


    Bupati menyatakan, Bumdesma Bodronolo merupakan Bumdesma pertama yang sudah berbadan hukum. Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang mengelola dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) kini sudah bertransformasi menjadi Bumdesma.


    "PNPM itu anggarannya ratusan miliar yang beredar di Kebumen, dan UPK yang menyelenggarakan PNPM ini ada yang sehat, kurang sehat dan ada yang sedang-sedang saja, dan alhamdulillah UPK di kabupaten Kebumen sudah bertransformasi menjadi Bumdesma," ujar Bupati.


    Di Kebumen ada lima sampai enam UPK yang bertransformasi menjadi Bumdesma. Namun yang baru berbadan hukum baru Bumdesma Bodronolo. "Ini bisa jadi pilot project di Kebumen. Saya liat tempatnya juga representatif. Tempatnya bagus dan bisa mendorong pertumbuhan UMKM dengan dana pinjaman," tuturnya.


    Sementara itu Direktur Bumdesma Bodronolo Ulul Fadli menambahkan, Bumdesma Bodronolo sejauh ini mengelola aset sekitar Rp7, 9 miliar. Bumdes ini bergerak dalam usaha pinjaman, dana bergulir, perdagangan dan mart. "Bumdesma ini merupakan gabungan UPK dana bergulir di kecamatan Kebumen yang kemudian digabung menjadi Bumdesma," ujar Ulul.

    Bumdesma Brodonolo ini bisa mendorong para UMKM untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan bekerjasama dengan perusahaan. "Dengan Bumdesma ini terapannya bisa langsung mengena, khususnya untuk para kelompok UMKM," ucapnya.


    Pastinya Bumdesma ini menjadi asetnya seluruh desa di Kebumen yang dikelola secara profesional dan akuntabel. Untuk lebih jelas soal layanan bisnis yang ditawarkan dalam Bumdesma ini, masyarakat bisa langsung datang ke Bumdesma Bodronolo yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar No 27A.

    Dalam kesempatan tersebut juga diadakan senam bersama Bupati dengan pembagian doorprize di antaranya kulkas, kompor gas, kipas angin, serta hadiah puluhan hadiah menarik lainnya.  (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top