• Berita Terkini

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Tahun 2022, Pemkab Kebumen Kembali Gelar Karnaval



    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Setelah sempat vakum akibat pandemi covid-19, Pemkab Kebumen bakal kembali menggelar karnaval. Karnaval yang juga digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Kebumen ke 393 itu bakal digelar, Minggu (21/8).


    "Karnaval ini nanti akan kita adakan pada Minggu 21 Agustus jam 14.00 WIB. Jadi para jajaran OPD, pemerintah kecamatan dan masyarakat akan kumpul di Stadion Candradimuka, melewati Jl Dr Moehiman, Sarbini, Merdeka Utara, Sutoyo, Kusuma, Sukarno Hatta dan berakhir di alun-alun Kebumen," ucap Bupati ditemui usai Upacara Hari Kemerdekaan Pendopo Kabumian, Rabu (17/8/2022)

    Nantinya, dalam karnaval ini para peserta dari masing-masing kecamatan bakal menampilkan panji-panjinya masing-masing. Bupati pun mempersilakan warga untuk menyaksikan karnaval ini dengan penuh bahagia dan suka cita. Terlebih pada hari pelaksanaan, bertepatan dengan Hari Jadi Kebumen ke-393.


    "Ini event kebersamaan, dengan perayaan ini semoga menjadi penyemangat kita dalam bekerja melayani masyarakat," ujar Bupati.

    Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan Tahun ini, yakni Pulih Lebih Cepat, dan Bangkit Lebih Kuat, Bupati juga berharap Kebumen bisa ikut bangkit dari kemiskinan. Pihaknya bertekad untuk terus bekerja mengurangi angka kemiskinan di Kebumen, agar tidak menjadi nomor yang terakhir di Jateng.

    "Di momen kemerdekaan ini mari kita kuatkan lagi barisan, saling bergotong royong untuk bangkit dari kemiskinan. Sesuai dengan tema kemerdekaan hari ini, kita harus pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat dari yang lain. Biarkan yang lain melangkah, tapi kita melompat," tandasnya.



    Upacara i Kemerdekaan  kemarin diikuti seluruh jajaran forkompimda, anggota DPRD, Para Kepala OPD, Para Kabag, BUMN, BUMD, Instansi Vertikal, Ormas dan para Ketua Parpol, dan pengurus Papdesi


    Sebelumnya masih dalam rangkaian HUT Kemerdekaan, persisnya pada Rabu (17/8) dini hari sekitar pukul 00.05 WIB, Pemkab juga menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti Kebumen.


    Hadir kemarin Bupati Kebumen, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih dan jajaran Forkompimda. Saat upacara berlangsung, lampu di sekitar TMP di Jalan Tentara Pelajar Kebumen dipadamkan. Sedangkan, kawasan TMP  dijaga personel TNI dan Polri.

    Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan naskah renungan suci. Dia juga memimpin proses mengheningkan cipta."Kami yang hadir hari ini, Rabu 17 Agustus 2022  pukul 00.00 WIB, pada upacara apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini ," ujar Letkol Eduar.

    Adapun para pahlawan yang dimakamkan di TMP Bumi Wira Bhakti Kebumen, terdiri 84 TNI, 8 Polri, 3 pejuang rakyat dan 2 pahlawan tidak dikenal.  Upacara itu ditutup dengan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan. Sekitar pukul 00.23 WIB, Rabu 17 Agustus 2022 upacara tersebut selesai. 

    Usai upacara, Bupati mengatakan renungan suci dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebab, mereka itulah yang telah berjuang memerdekakan Bangsa Indonesia. 

    "Kita wajib  meneruskan perjuangan beliau para pejuang mengusir penjajah di medan perang. Kita teruskan perjuangan beliau untuk membangun Kebumen khususnya dan Indonesia pada umumnya," tandasnya. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top